Pentingnya alat pemadam kebakaran untuk rumah, kantor dll

Alat Pemadam kebakaran adalah salah solusi untuk mencegah terjadinya kebakaran besar, karena Alat pemadam api ringan atau APAR dapat memadamkan api kecil untuk mencegah terjadinya kebakaran besar yang dapat mengakibatkan kerugian yang lebih besar bukan hanya untuk Anda saja tapi untuk orang-orang di sekeliling Anda.


Alat Pemadam Kebakaran Tabung Api Ringan (APAR) penting untuk Anda, Berikut Manfaatnya.

Pentingnya alat pemadam kebakaran untuk rumah, kantor dll


APAR ( Alat Pemadam Api Ringan ) adalah serbuk yang berfungsi untuk menghentikan atau mematikan aliran oksigen ke sumber api. Oleh karena itu masyarakat juga harus mengetahui betapa pentingnya persedian tabung APAR untuk mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar, namun sayangnya sebagian masyarakat masih awam terkait APAR. Selama ini Tabung APAR masih dianggap barang asing sehingga ini yang perlu Anda ketahui pentingnya memiliki Tabung APAR baik itu dirumah, kantor dan instansi2 lainnya.

“Masyarakat lebih tahu itu tabung racun api. Padahal itulah APAR. Keberadaan APAR powder ini penting bagi rumah tangga. Khususnya untuk ibu-ibu harus paham, terlebih banyak penggunaan gas elpiji. Rumah tangga juga harus ada APAR.

Tabung  APAR juga harus disimpan pada tempat penyimpanan setinggi pinggang orang dewasa. Selain menjaga APAR tetap pada suhu ruangan, hal ini juga guna mempermudah pengaplikasian APAR saat terjadi peristiwa kebakaran awal. APAR juga harus diletakkan di tempat yang mudah terlihat dan tentunya harus mudah di jangkau oleh orang dewasa dan jauhkan dari jangkauan anak2 tentunya.

Jenis - jenis Alat Pemadam Kebakaran Tabung Api Ringan (APAR) dan Harganya.


1. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Cairan/Water


APAR Jenis Air (Water) adalah Jenis APAR yang disikan oleh Air dengan tekanan tinggi. APAR Jenis Air ini merupakan jenis APAR yang paling Ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet, Plastik dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A). Tetapi akan sangat berbahaya jika dipergunakan pada kebakaran yang dikarenakan Instalasi Listrik yang bertegangan (Kebakaran Kelas C).

2. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Busa/Foam (AFFF)


APAR Jenis Busa ini adalah Jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa. Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran. APAR Jenis Busa AFFF ini efektif untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A) serta kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, Solvent dan lain sebagainya (Kebakaran Jenis B).

3. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Serbuk Kimia/Dry Chemical Powder


APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium dan ammonium sulphate. Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran. APAR Jenis Dry Chemical Powder ini merupakan Alat pemadam api yang serbaguna karena efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas kebakaran seperti Kelas A, B dan C.

APAR Jenis Dry Chemical Powder tidak disarankan untuk digunakan dalam Industri karena akan mengotori dan merusak peralatan produksi di sekitarnya. APAR Dry Chemical Powder umumnya digunakan pada mobil.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Karbon Dioksida/Carbon Dioxide (CO2)


APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya.  APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).

Jenis-jenis atau Kelas-kelas Kebakaran
Kita perlu mengetahui kelas-kelas kebakaran atau penyebab terjadinya api supaya jenis APAR yang dipergunakan efektif dalam mengendalikan kebakaran tersebut.

Berikut ini adalah Kelas-kelas Kebakaran :

Kebakaran Kelas A

Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas A adalah APAR jenis Cairan (Water), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).

Kebakaran Kelas B

Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas B adalah  APAR jenis Karbon Diokside (CO2), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).

Kebakaran Kelas C

Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).

Kebakaran Kelas D

Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebakaran Jenis ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya.

Kebakaran Kelas K

Kebakaran Kelas K merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh minyak masak (minyak sayur, minyak hewan) ataupun lemak yang biasanya dipergunakan dalam dapur masak. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan Kebakaran Kelas K adalah  APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Karbon Diokside (CO2).

Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran APAR (Alat Pemadam Api Ringan)


Untuk mempermudah dalam mengingat proses ataupun cara penggunaan Alat Pemadam Api, kita dapat menggunakan singkatan T.A.T.A. yaitu :

TARIK Pin Pengaman (Safety Pin) APAR
ARAHKAN Nozzle atau pangkal selang ke sumber api (area kebakaran)
TEKAN Pemicu untuk menyemprot
AYUNKAN ke seluruh sumber api (area kebakaran)
Dalam bahasa Inggris, singkatan T.A.T.A ini disebut juga dengan P.A.S.S yaitu PULL, AIM, SQUEEZE dan SWEEP.

Distributor alat pemadam kebakaran Tabung APAR/Refill harga murah Jakarta dan sekitarnya. Promo spesial hari ini KLIK DISINI


Pentingnya alat pemadam kebakaran untuk rumah, kantor dll Pentingnya alat pemadam kebakaran untuk rumah, kantor dll Reviewed by Star Tonn on Tuesday, November 27, 2018 Rating: 5
Share on Whatsapp