Cerita tim Basarnas 12 jam semangati korban tertimbun beton di Bandara

Bloggues.com - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil mengevakuasi dua korban yang tertimpa longsoran beton dinding underpass jalan perimeter Bandara Soekarno-Hatta. Evakuasi berlangsung dramatis karena petugas gabungan kesulitan mengeluarkan korban yang terjebak di dalam mobil Honda Brio.
Cerita tim Basarnas 12 jam semangati korban tertimbun beton di Bandara
Korban longsor di Bandara Soetta berhasil dievakuasi. ©2018 Merdeka.com/Kirom
Korban kedua bernama Muthmainah berhasil dikeluarkan dari timbunan longsor sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa (6/2). Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengatakan, selama evakuasi, petugas selalu menyemangati Muthmainah dengan mengajak ngobrol.
"Kondisi korban sadar selama proses evakuasi, kita ajak ngobrol terus, kita beri semangat. Dia maunya tidur saja, mungkin karena sakit terjepit," tutur Syaugi di lokasi.
Syaugi menambahkan, ruang yang tersisa di bawah longsoran hanya bisa dimasuki dua petugas evakuasi. Dibutuhkan kehati-hatian dan kesabaran selama proses evakuasi agar longsoran material tidak bergerak menimbun lebih parah. Awalnya tim hendak menggunakan crane, namun diurungkan dan memilih menggunakan dongkrak untuk menahan beton yang roboh.
"Kita potong bagian mobil, pintu, kursi untuk mengeluarkan korban. Saat dikeluarkan, korban sadar. Tidak ada luka luar dan darah yang terlihat dari tubuh korban. Tapi kalau luka dalam kita tidak tahu. Saat ini sudah dibawa ke rumah sakit," ujarnya.
Longsor terjadi di underpass jalan perimeter Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17.00 WIB, Senin (5/2). Saat itu, Dyanti Dyah Ayu Cahyani Putri dan Muthmainah tengah melintas lokasi dengan mengendarai Honda Brio. Korban Putri yang menyopiri mobil berhasil dievakuasi pada pukul 02.50 WIB Selasa (6/2) dini hari dalam kondisi sadar. [Merdeka.com]
Cerita tim Basarnas 12 jam semangati korban tertimbun beton di Bandara Cerita tim Basarnas 12 jam semangati korban tertimbun beton di Bandara Reviewed by Star Tonn on Tuesday, February 06, 2018 Rating: 5