Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM Yogyakarta

Bloggues.com - Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM. Halo.. pembaca setia Bloggues.com pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Informasi tentang Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM.


Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM Jogjakarta


Sebelum saya jelaskan apa saja persyaratan masuk universitas Gadjah Mada, Berikut Informasi mengenai kampus UGM Jogjakarta Jawa Tengah.


Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada merupakan Fakultas Kedokteran tertua yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946. Di usia 67 tahun pada tahun 2013 ini. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki visi dan misi yang tidak bisa dipisahkan dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada, yaitu menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia, inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. 

Tata kelola fakultas yang baik, transparan dan akuntabel merupakan hal yang sangat penting saat ini. Karena itu rencana strategis dan rencana operasional fakultas ditetapkan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, yang merupakan panduan agar fokus pada tujuan dan dapat mengembangkan  program prioritas yang komprehensif, terpadu, efektif dan efisien. Upaya-upaya sinergis yang ditempuh antara lain melalui akselerasi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sebagai institusi pembelajaran berbasis riset, yang memiliki reputasi internasional di bidang pendidikan, riset dasar, klinik maupun translasional  dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan.
Pertumbuhan mahasiswa yang terdaftar di tingkat Pascasarjana menjadikan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sebagai fakultas pengelola program pascasarjana terkemuka di Indonesia. 

Lebih dari 6000 orang mahasiswa sarjana dan pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada focus pada kegiatan akademik, sehingga diharapkan kedepannya dapat menjadi profesional dan ilmuwan yang mumpuni untuk memberikan perkembangan yang terbaik bagi bangsa dan Negara Republik Indonesia.  

Civitas akademika Fakultas Kedokteran telah mencapai prestasi besar dalam penelitian kesehatan dan terus meningkatkan upaya untuk melakukan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional. Bersama dengan para mitra, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada bertekad untuk mengembangkan strategi yang lebih baik agar “fakultas akademik-penelitian” ini dapat membuat lompatan yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang. 

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki tekad yang kuat untuk menjadi institusi yang diakui secara global tetapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal dan nasional (local wisdom). Usaha itu ditempuh dengan menciptakan keseimbangan yang dinamis antara atmosfer akademik dan kehidupan kampus.

Visi
Menjadi Fakultas Kedokteran berstandar internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila
Misi
Meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui  kegiatan  pendidikan, penelitian, pengabdian, dan  pelayanan yang unggul, berlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti.
Jurusan/program studi

Sarjana
1.      Pendidikan Dokter
2.      Ilmu Keperawatan
3.      Gizi Kesehatan

Pasca Sarjana
Dokter Spesialis
1.      Anestesi dan reanimasi
2.      Ilmu Bedah
3.      Bedah Anak
4.      Bedah Syaraf
5.      Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal
6.      Ilmu Kedokteran Jiwa
7.      Ilmu Kesehatan Anak
8.      Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
9.      Ilmu Kesehatan THT-KL
10.  Ilmu Kesehatan Penyakit Mata
11.  Ilmu Penyakit Dalam
12.  Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
13.  Ilmu Penyakit Saraf/Nerologi
14.  Mikrobiologi Klinik
15.  Orthopaedi dan Traumatologi
16.  Obstetri dan Ginekologi
17.  Patologi Anatomi
18.  Patologi Klinik
19.  Radiologi
20.  Urologi

Master
1.      Ilmu Kedokteran Dasar
2.      Ilmu Kedokteran Klinik
3.      Ilmu Kedokteran Tropis
4.      Ilmu Kesehatan Masyarakat
5.      Ilmu Pendidikan Kedokteran
6.      Keperawatan
Doktor
Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

Apa saja Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran Gadjah Mada ?



Mohon dibaca baik-baik dengan teliti, agar tidak ada kesalahan dalam prosedur pendaftaran.

Saudara wajib mempunyai email untuk membuat akun Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru di Universitas Gadjah Mada.

Email yang dipergunakan untuk membuat akun merupakan email personal yang berstatus aktif karena semua komunikasi berkaitan dengan proses seleksi akan dilakukan melalui email tersebut.

Satu alamat email hanya dapat dipergunakan untuk 1 (satu) kali pembuatan akun Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru di Universitas Gadjah Mada.

PIN adalah kunci yang dipergunakan untuk mengakses akun Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru di Universitas Gadjah Mada.PIN terdiri dari (minimal) 6 digit angka dan/atau huruf dan/atau kombinasi keduanya.

Alur pendaftaran Masuk UGM Jogjakarta adalah sebagai berikut:


Proses pengisian data pendaftaran dan unggah dokumen dapat dilakukan secara bertahap selama belum dilakukan penguncian data pendaftaran.

Apabila ada kendala dalam pengisian, silakan menghubungi 0274-6492116 atau melalui email ke umugm@ugm.ac.id

Jika Saudara membayar biaya seleksi Rp. 1.000.000,00 dan tidak memenuhi syarat serta prosedur dibawah ini, maka biaya seleksi tidak dapat diminta kembali.
Panitia Seleksi tidak menerima berkas susulan.

A. SYARAT PENDAFTARAN MASUK UGM JOGJAKARTA


Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta

Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran UGM

Mempunyai Pas foto berwarna terbaru 2 (dua) lembar ukuran 3×4 dengan latar belakang berwarna, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.

Mempunyai sertifikat kompetensi dari Kolegium Dokter Primer Indonesia, untuk lulusan dokter mulai tahun 2007

Mempunyai ijazah S1 dan Dokter

Mempunyai transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, (tidak berlaku Transkrip nilai konversi) dengan IP Komulatif (S1 dan Dokter) sebagai berikut:
a. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

b. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

c. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

  Jumlah nilai S1 + Jumlah nilai Profesi

** Perhitungan IPK =      ____________________________________

  Jumlah SKS S1 + Jumlah SKS Profesi

Mempunyai sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Indonesia (TKDA HIMPSI) minimal score 500 dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.

Mempunyai sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN PT/LamPTKes.

Mempunyai sertifikat kemampuan Bahasa Inggris, minimal score 450/setara TOEFL dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkan sertifikat, kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:

a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, minimal score 209, atau;

b. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;

c. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;

d. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

e. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.

Mempunyai Surat Rekomendasi minimal 2 (dua)  orang untuk tambahan informasi Saudara (format dapat diunduh disini)

Mempunyai Surat Rekomendasi dari IDI setempat

Mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Umum yang masih berlaku minimal 4 bulan setelah mulai pendidikan (misalkan mulai pendidikan 1 Juli  STR harus masih berlaku sampai 31 Oktober, atau mulai pendidikan  1 Januari, STR harus masih berlaku sampai 30 April.

a. Surat keterangan perpanjangan STR tidak berlaku.

b. STR Internship tidak berlaku

Mempunyai surat Keterangan PTT selama 1 tahun/surat keterangan pengalaman bekerja dari instansi minimal 1 tahun/ surat keterangan intership 1 tahun
Mempunyai Surat ijin belajar dari instansi asal bagi yang sudah bekerja, khusus untuk PNS minimal dari BKD setempat, jika di Instansi sudah ada format sendiri dapat dipakai. (format dapat diunduh disini)

Untuk Peserta kemitraan dari pemda/rs/instansi lain /LPDP/tubel kemenkes
Mempunyai bukti kemitraan dari instansi yang telah disahkan (sudah ditanda tangani oleh kedua belah pihak), khusus untuk tubel kemenkes dan LPDS melampirkan pemberitahuan Saudara dinyatakan lolos seleksi administasi dari kemenkes atau LPDP (format kemitraan dapat diunduh disini untuk kemitraan pemda/rs/instansi lain tidak berlaku untuk  LPDP dan Tubel Depkes)

Batas usia peserta maksimal – dihitung saat mulai pendidikan (1 juli atau 1 Januari), bukan saat pendaftaran /memasukkan berkas PPDS.

No       Program Studi Batas Usia maksimal (tahun)
1.         Ilmu Kesehatan Anak 35,0
2.         Ilmu Bedah 35,0
3.         Orthopaedi dan Traumatologi 35,0
4.         Bedah Anak 35,0
5.         Ilmu Penyakit Dalam  35,0
6.         Obstetri dan Ginekologi          35,0
7.         Anestesiologi dan Terapi Intensif 35,0
8.         Ilmu Kedokteran Forensik & Medikolegal 40,0
9.         Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin 35,0
10.       Ilmu Penyakit Mata 35,0
11.       Ilmu Kedokteran Jiwa 40,0
12.       Radiologi 40,0
13.       Neurologi 35,0
14.       Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher 35,0
15.       Patologi Anatomi 40,0
16.       Patologi Klinik 40,0
17.       Urologi 35,0
18.       Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah 35,0
19.       Mikrobiologi Klinik 40,0
20.       Bedah Saraf 35,0

Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis. Demikan Info Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM Jogjakarta Jawa Tengah semoga bermanfaat.

Sumber website : ppds.fk.ugm.ac.id


Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM Yogyakarta Persyaratan Masuk Universitas Kedokteran UGM  Yogyakarta Reviewed by Star Tonn on Thursday, November 23, 2017 Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.