Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula

Bloggues.com, Panduan belajar seo terlengkap untuk pemula. Artikel ini saya buat agar semudah mungkin dapat dipahami terutama untuk Anda yang masih awam atau baru terjun ke dunia bisnis online.

Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula
Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula


Apa Itu SEO?


SEO adalah singkatan search Engine Optimization, Yaitu merupakan sebuah cara yang dilakukan agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari dalam hal ini adalah Google.

Teknik yang digunakan adalah dengan mengoptimalkan keyword ( Kata Kunci ) melalui meta tag.

Ada 5 meta tag yang dapat dioptimalkan Keyword Tag supaya SEO Friendly, yaitu : 

  1. Title Tag
  2. Meta Description Tag
  3. Meta Img
  4. Alt Tag
  5. Body Tag.


Kita akan bahas satu per satu nanti, namun yang perlu diketahui tidak semua tehnik upaya SEO itu aman untuk website yang Anda miliki kemampuan untuk mendeteksi tehnik-tehnik nakal yang untuk menaikkan posisi hasil pencarian, tehnik nakal tersebut disebut dengan Black Hat SEO.

Apa Itu Black Hat SEO?


Black Hat Seo adalah serangkaian tehnik yang dilakukan untuk mengakali sistem search engine sebuah website dapat menempati urutan terbaik di dalam hasil pencarian, Tehnik ini meliputi manipulasi dengan membuat Page Cloaking yakni tehnik memanipulasi sebuah halaman agar terlihat berbeda di mata search engine sehingga dapat ditempatkan pada urutan pertama dalam hasil pencarian.

Biasanya halaman- halaman yang mendapatkan Page Cloaking berbeda dengan halaman yang ditujukan bagi manusia atau pengunjung website. Contoh dari Page Cloaking adalah membuat banyak keyword di halaman body website, namun agar tidak terlihat oleh pengunjung website maka tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna latar website Membuat sebuah gambar berukuran kecil yang warnanya sama dengan warna latar website, kemudian memasukkan banyak keyword pada agian lmg Alt Tag, dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engine yang juga sudah diisi dengan banyak keyword.

Masih banyak tehnik nakal lainnya yang bertujuan memanipulasi search engine, namun kita tidak akan membahasnya dalam ebook ini karena percuma, walaupun website Anda dapat memperoleh urutan teratas dalam hasil pencarian namun suatu saat nanti ketika mesin pencari mengetahui teknik ini maka resikonya adalah website atau blog Anda kena banned.
Jangan coba – coba mengakali mesin pencarian Google karena Google adalah perusahaan besar dengan orang – orang pintar didalamnya sehingga sangat sulit sekali untuk bisa mengakali Google.

Apa Itu White Hat SEO ?


White Hat SEO  adalah cara mengoptimasi website secara benar sesuai dengan aturan – aturan dari mesin pencari. Ini merupakan kebalikan nya dari black hat SEO.

White hat SEO, adalah teknik SEO yang baik di mata mesin pencari dan teknik ini di anggap teknik yang etis dalam melakukan SEO, untuk menaikan peringkat blog atau website, namun melakukan white hat SEO ini adalah memang pekerjaan atau optimasi seo dengan membutuhkan proses yang dengan dedikasi dan proses dengan hasil yang agak lama untuk mendapatkan hasil yang baik. Artinya disini Anda membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 6 bulan untuk bisa melihat hasilnya jika website Anda benar – benar baru.

Makanya kebanyakan blogger melakukan teknik black hat SEO untuk hasil yang cepat dan singkat, namun perlu anda ketahui bahwa teknik black hat SEO ini tidak bisa bertahan lama,setelahnya blog tersebut akan terjun bebas di mesin pencari dan hilang bak di telan bumi, karena google menghukum blog tersebut dan lebih parahnya anda bisa terkena google sandbox, karena dengan teknik black hat ini anda tidak mematuhi pedoman atau aturan google webmaster.

White hat seo adalah optimasi SEO dengan memberikan hasil yang baik dan memuaskan untuk jangka yang panjang namun itu tergantung bagaimana juga anda melakukan optimasi SEO itu apakah sudah maksimal atau belum, hal ini juga  memang cukup adil karena google akan me reward sebuah blog dimana blog yang berkualitas akan di tempatkan di posisi teratas di pencarian dengan memenuhi aturan persyaratan algoritma, nah jika anda ingin melakukan optimasi SEO yang baik dengan aturan google,silahkan baca "halaman pedoman webmaster" disana anda akan menemukan informasi lebih tentang tata cara membuat konten yang baik ,desain blog dan bagaimana link bekerja, dan masih banyak lagi.

Perbedaan SEO & SEM ( Google Adwords )


1. SEO


Sebelum mengetahui apa itu SEM, Anda juga harus memahami dulu apa itu SEO. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, Search engine optimizer atau optimasi mesin pencari merupakan sebuah strategi merancang, menulis, coding khususnya dengan XHTML serta pemrograman seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan berada di halaman utama pada fasilitas layanan mesin pencari menggunakan kata kunci dan frasa tertentu.

SEO yang murni adalah SEO On-Page karena starteginya benar-benar memanfaatkan penggunaan kata kunci, judul halaman dan sebagainya. Semakin berada diatas dan pada halaman awal, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Ada cukup banyak trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan, baik yang membawa pengaruh besar, pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO yang sebenarnya tidak membawa pengaruh apapun namun tetap dijalankan.

2. SEM


Ada banyak artikel yang menuliskan tentang pengertian SEO dan berbagao strateginya. Kini giliran Anda harus memahami SEM atau Search Engine Marketing. Ini merupakan sebuah bentuk strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya adalah mempromosikan website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar memanfaatkan penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan inklusi berbayar. Atau bisa berarti sebuah trik pemasaran via online dengan cara meningkatkan visibility halaman Anda pada hasil pencarian di mesin pencari.



Apabila Anda masih bingung, sederhananya Search Engine Marketing adalah tentang pengiklanan memanfaatkan kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam Google AdWords, Facebook Ads serta Yahoo Search Marketing. Pada umumnya, pembayaran Search Engine Marketing biasanya dilakukan dengan cara pay per click maupun dengan ketentuan berapa lama waktu.

Jadi SEM dan SEO adalah dua hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup besar. Lagipula sebuah perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine Marketing umumnya juga sekaligus memberikan layana tambahan SEO. 

Perusahaan layana SEM nantinya akan mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari, mengirimke direktori situs klien serta berusaha untuk mengembangkan strategi marketing online untuk klien secara langsung.

3. Pentingkah Mengoptimalkan Visibility dalam SEO ?


Penting bila Anda memiliki tujuan. Sebagai contoh anggaplah Anda pada posisi sebagai konsumen, dan saat ada seorang calon pembeli melakukan pencarian pada search engine khususnya Google maka yang ia lihat adalah hasil yang tertampil paling sesuai dengan “kata kunci” yang diketikkan pada halaman utama atau minimal halaman ke 2 dan ke 3.

Pada momen inilah visibilitas halaman website Anda menjadi hal yang cukup penting mengingat akan sangat percuma apabila website Anda menawarkan produk maupun informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon konsumen namun hanya muncul pada halaman 10. Tentu orang malas untuk mencari dan mengklik halaman 10 karena yang mereka inginkan adalah akses cepat.. Akhirnya, memanfaatkan SEM calon pembeli baka lebih mudah menemukan link menuju website Anda.

Keunggulan lain dari SEM adalah dapat mentargetkan konsumen dari segi demografis. Bahkan SEM bisa sangat spesifik menentukan iklan yang Anda miliki hanya muncul pada audience yang menggunakan mesin pencari di kota tertentu. Kemudian SEM juga bisa menargetkan orang yang memang tertarik dengan produk Anda memanfaatkan ketikan nama produk pada search engine dari calon konsumen.

Plus Minusnya Menggunakan Adwords.


Mengenal Google Adwords beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika bicara soal Google Adsense, tak afdol rasanya jika tidak ngomongin produk andalan Google ini yaitu AdWords.
Di Adsense, sebagai publisher kita digaji oleh Google, namun ini justru kebalikannya. Kita harus keluar duit untuk membayar ongkos pasang iklan di AdWords. Karena konon katanya, gaji publisher Adsense dibayar dari uang para advertizer yang memakai jasa iklan di AdWords.

Itulah yang dinamakan simbiosis mutualisma. Meski sebenarnya perputaran dolarnya hanya di seputar lingkaran itu juga.

Apa itu Google AdWords? 

Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula
Contoh Iklan Google Adwords

Secara lugas, Google Adwords bisa diartikan “iklan kata-kata dari Google”. Tapi kok kayaknya tidak enak di dengar ya.

Intinya, AdWords adalah sumber pendapatan utama google berupa program periklanan dengan mekanisme unik yang diperuntukan bagi produsen agar dapat mengembangkan bisnisnya melalui promosi produk atau jasanya lewat jaringan internet. Sedikit intelek kan kedengaran nya.

Pasti banyak yang belum tahu seperti apa tampilan iklan dari AdWords.  Perhatikan saat anda mengetik sebuah kata kunci lalu muncul deretan situs di halaman Google.

Jika ada kotak kuning di bawah judul artikel bertuliskan ‘Ad atau Ads’, nah itulah salah satu bentuk iklan dari Google tersebut. Bahkan terkadang juga muncul di sisi sidebar halaman pencarian Google.

Mengenal Google AdWords Beserta Plus Minusnya 

Inilah keuntungan menggunakan AdWords

Banyak manfaat yang kita peroleh jika kita menggunakan jasa Google AdWords. Seperti kita tahu, mesin pencari terbesar saat ini adalah Google, sedangkan Adwords merupakan salah satu produk periklanan yang dimilikinya.

Sudah pasti produk atau jasa yang kita iklankan di Adwords akan mendapatkan perlakuan istimewa dari Google melalui penempatan posisi di halaman pertama mesin pencari. Selain keuntungan tersebut, masih ada lagi manfaat dari Google AdWords, antara lain.

1. Mengangkat trafik lebih cepat dan tertarget

Kenapa bisa begitu? Dengan menggunakan perhitungan Pay per Click, dana kampanye Anda akan dikonversi ke pengunjung sesuai harga klik.  Misal tarif klik Rp. 1000 dan anda beriklan sehari Rp. 50.000,  maka Anda akan mendapatkan pengunjung sekitar 50 Klik/pengunjung dari perhitungan 50.000 di bagi 1000.

2. Mendapatkan visitor yang sesuai dengan target bisnis

AdWords menampilkan iklan kita sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Misalkan Anda seorang pengusaha catering dengan target kata kunci “Catering murah di Jakarta” maka pengunjung blog Anda yang masuk lewat AdWords adalah orang-orang yang melakukan pencarian sesuai kata kunci Anda.

Inilah yang disebut pengunjung yang tertarget. Jadi iklan Anda nantinya tidak akan muncul pada halaman yang tidak sesuai dengan kata kunci Anda.

3. Meningkatkan reputasi website sesuai SEO

Begini penjelasannya. Saat optimasi SEO dengan target keyword tertentu, maka saat Anda pasang iklan di AdWords tak perlu khawatir hal itu akan merusak SEO Anda.

Banyaknya pencarian untuk kata kunci yang dioptimasi SEO-nya melalui mesin pencarian (termasuk adwords), maka kata kunci tersebut akan di input oleh sistem Google.

Hal inilah yang bisa menguntungkan untuk SEO Anda.

4. Memperbesar omset penjualan

Dalam situs resminya Google menyatakan bahwa :
“Manfaat AdWords terhadap kenaikan omset sebuah produk bukanlah sebuah jaminan. Walaupun banyak yang sudah berhasil menaikkan omset 10 – 50% bahkan ada yang mencapai 90%, namun Adwords tetap tidak menjamin untuk kenaikan omset karena hasil dan manfaat dari periklanan tergantung dari banyak faktor, seperti besarnya dana harian, kata kunci tertarget, bidang bisnis, dll.

Keunggulan Google AdWords 

Setiap program iklan tentu memiliki nilai lebih di mata para pengguna yang pernah memanfaatkan jasanya. Lalu apa saja kelebihan atau keunggulan AdWords? Nih, ada di bawah.

1. Ringan di kantong alias murah banget


Disini Anda bebas menentukan sistem perhitungan biayanya. Salah satunya adalah Pay Per Click (PPC) dimana semua tergantung dengan budget yang Anda pilih dan miliki.

Biaya per klik nya Anda yang punya kuasa. Tarif nya boleh mulai dari Rp. 1000 sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Itulah kenapa saya berani mengatakan bahwa AdWords ramah buat kantong para pelaku bisnis skala kecil, khususnya yang masih bimbang mencari pilihan iklan yang tepat.

Enaknya lagi, andai iklan Anda yang muncul di halaman Google tidak ada yang klik, artinya Anda tak perlu membayar sepeser pun.

2. Sasaran iklan dijamin Google

Jika ingin blog atau website Anda duduk manis di pageone sesuai kata kunci tertentu, silahkan promosikan blog di AdWords.

Meski Anda seorang blogger pemula yang nggak jago-jago amat soal SEO, melalui iklan lewat Google, blog Anda akan dapat tempat istimewa di search engine.

Kemunculan iklan website kita di halaman pertama mesin pencari Google sangat berpengaruh besar untuk di kunjungi oleh pengunjung.

Untuk target iklan sebuah produk, jika situs Anda berada di pageone maka produk berpeluang dikenal banyak orang. Inilah jaminan Google dalam menargetkan produk Anda di mesin pencarinya.

Dengan sedikit investasi dana pada Google Adwords, jaminan popularitas produk dan akurasi data akan diproses lebih efektif dengan visitor yang tertarget.

3. Mudah digunakan

Proses pendaftaran hingga cara membuat iklan bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa pemahaman yang rumit.

Tersedia fitur bantuan dan panduan untuk mengelola iklan Anda. Walaupun Anda pemain baru di AdWords, saya jamin Anda akan cepat paham dengan prosedur saat bergabung di program iklan milik Google ini.

4. Laporan data yang akurat

Kinerja iklan Anda akan dilaporkan secara akurat dan terjadwal. Dari sudut pandang bisnis, perhitungan ini bisa diterapkan untuk menekan biaya pemasaran, meski masih banyak opsi yang lain saat Anda pasang iklan di Google AdWords.

5. Tersedia banyak variasi unit iklan

Banyak pilihan unit iklan untuk calon pemasang iklan di Google AdWords. Anda bebas memilih unit iklan yang cocok untuk dipakai mengoptimalkan produk dari website Anda. Pilih yang sesuai dan serasi dengan produk atau jasa yang Anda promosikan.

Kekurangan Pasang Iklan di Google AdWords


Secanggih apapun produk yang dirilis oleh Google, tentu ada kekurangan nya. Tak terkecuali AdWords. Berikut kekurangan pasang iklan di Google AdWords.

1. Biaya Iklan Premium

Kategori iklan CPC di Adwords memang gratis selama tidak ada klik dari iklan yang tampil. Biasanya ini jadi pilihan favorit para pengiklan yang bermodal pas-pasan.

Namun bagi para perusahaan dengan anggaran tinggi, iklan kategori premium jadi pilihan utama mereka. Dari segi fitur, layanan, dan kualitas iklan yang muncul tentu jauh berbeda dengan kategori CPC. Disinilah uang memegang kendalinya.

Meski umur website baru seminggu, melalui iklan premium, Google akan menggandakan upaya mereka agar website memiliki tingkat kunjungan dan konversi yang tinggi.

Seperti ada pemisah antara “anak emas” dengan “anak bawang”.

2. Wajib punya kartu kredit / Paypal

Dari segi pembayaran, ini bisa merepotkan pemasang iklan yang tidak memiliki kartu kredit atau pun akun PayPal.

Di AdWords, butuh alat pembayaran atas iklan yang terpasang. Google tidak memberlakukan sistem pembayaran via bank lokal apalagi transfer rekening.

Bagi pebisnis newbie, tentunya akan terkendala masalah pembayaran jika beriklan di AdWords. Hal ini karena rata-rata akun PayPal mereka belum terverifikasi meskipun ada dananya di situ.

3. Strategi bisa gagal akibat biaya murah

Pasang iklan di AdWords memang murah dengan visitor tertarget. Namun jangan salah, hal ini justru membuat mereka asal pasang iklan tanpa strategi lanjutan.

Tingginya persaingan juga berpengaruh pada biaya iklan. Makin banyak pesaing, biaya yang dibutuhkan pun makin besar dibanding jika Anda bermain di level rendah kompetitor.

Nah, apakah Anda sudah tertarik untuk pasang iklan di AdWords? Mantap kan pilihan Anda.

Kerugian Menggunakan Adwords

1. Biaya Iklan Premium
Kategori iklan CPC ( Cost Per Click )di Adwords memang gratis selama tidak ada klik dari iklan yang tampil. Biasanya ini jadi pilihan favorit para pengiklan yang bermodal pas-pasan.

Namun bagi para perusahaan dengan anggaran tinggi, iklan kategori premium jadi pilihan utama mereka. Dari segi fitur, layanan, dan kualitas iklan yang muncul tentu jauh berbeda dengan kategori CPC. Disinilah uang memegang kendalinya.

Meski umur website baru seminggu, melalui iklan premium, Google akan menggandakan upaya mereka agar website memiliki tingkat kunjungan dan konversi yang tinggi.

Seperti ada pemisah antara “anak emas” dengan “anak bawang”.

 2. Wajib punya kartu kredit / Paypal
Dari segi pembayaran, ini bisa merepotkan pemasang iklan yang tidak memiliki kartu kredit atau pun akun PayPal. Walaupun sekarang sudah bisa menggunakan layanan Internet Banking atau Transfer Bank, Namun membutuhkan waktu 5 – 10 hari untuk menunggu iklan Anda berjalan.

Di AdWords, butuh alat pembayaran atas iklan yang terpasang. Google sebelumnya tidak memberlakukan sistem pembayaran via bank lokal tetapi sekarang transfer rekening sudah bisa dilakukan namun membutuhkan waktu yang lama untuk memverifikasi pembayaran iklan.

Bagi pebisnis newbie, tentunya akan terkendala masalah pembayaran jika beriklan di AdWords. Hal ini karena rata-rata akun PayPal mereka belum terverifikasi meskipun ada dananya di situ.

3. Strategi bisa gagal akibat biaya murah
Pasang iklan di AdWords memang murah dengan visitor tertarget. Namun jangan salah, hal ini justru membuat mereka asal pasang iklan tanpa strategi lanjutan.

Tingginya persaingan juga berpengaruh pada biaya iklan. Makin banyak pesaing, biaya yang dibutuhkan pun makin besar dibanding jika Anda bermain di level rendah kompetitor.

Elemen SEO Yang Harus Dioptimalkan


On page SEO mungkin adalah proses yang paling penting–tidak hanya untuk peringkat yang lebih baik, tetapi juga untuk menyukseskan kampanye internet marketing.
Setiap kampanye dimulai dari website. Jika website Anda tidak dioptimalkan–bagi mesin pencari dan pengguna–peluang Anda untuk ditemukan itu tidak besar.

Search Engine Optimization atau SEO adalah istilah yang merangkum semua hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan posisi peringkat website Anda di berbagai mesin pencari atau search engine.
Ini termasuk pengaturan konfigurasi yang harus diterapkan pada website (on page SEO) dan teknik yang dapat digunakan di luar batas-batas website (off page SEO).

Search Engine Optimization
Dalam ebook ini, akan dijelaskan apa saja elemen SEO pendukung aktivitas on page SEO yang harus dioptimalkan atau diketahui oleh semua orang yang berkecimpung di bisnis online,terutama untuk Anda yang sedang belajar SEO. Berikut penjelasan nya.

1. Keterkaitan Nama Domain


Cara kerja search engine pertama kali ketika dimasukkan keyword adalah menyesuaikan antara keyword tersebut dengan nama domain dari sebuah website.
Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama domain. Usahakan sebuah nama domain bisa mencakup isi dari materi sebuah website.

2. Judul


Penggunaan dan penempatan sebuah judul akan membantu sebuah website untuk dapat bertanding di urutan atas search engine. Untuk itu, usahakan judul website atau judul artikel mempunyai korelasi antara keyword dan deskripsi dari isi materi konten tersebut.

3. Struktur Permalink URL


Struktur permanent link atau permalink dari URL sebuah website juga mempunyai peranan penting pada SEO. Permalink termasuk salah satu elemen yang ditampilkan pada search result page setelah judul.
Selain membuat SEO friendly, permalink bisa menjelaskan apa isi konten, membuat admin website lebih mudah dalam pengaturan, dan juga lebih memudahkan pengguna search engine untuk mengingatnya.
Untuk itu, hindarilah penggunaan permalink yang berisikan nomor atau kode yang tidak jelas.

4. Meta Description


Metadata mencakup semua informasi pada sebuah data. Hal ini berlaku juga untuk website. Untuk memasukkan metadata ke dalam website, Anda bisa menggunakan meta tag.
Metadata yang berguna untuk mendukung SEO adalah meta description dan meta keyword. Meta description harus diletakkan di sebuah website agar search engine mampu menemukan website Anda.

Meta description yang tepat akan membawa website Anda ke urutan atas search engine. Selain itu, isi meta description akan ditampilkan pada hasil pencarian search engine.
Oleh karenanya, jumlah karakter pada meta description sebaiknya tidak perlu lebih dari 160 karakter. Karena pada umumnya, hasil pencarian search engine hanya mampu menampilkan tidak lebih dari 160 karakter saja.

5. Meta Keyword


Walaupun meta keyword tidak lagi banyak dipergunakan search engine besar seperti Google dalam algoritma proses pencarian, namun rasanya tetap bijak jika Anda tetap memasukkan meta keyword sebagai elemen pendukung aktivitas on page SEO dan menggunakannya.

6. Keterkaitan Isi/Konten


Dalam konten sebuah website, Anda bisa mencantumkan dan memberikan korelasi antara isi artikel dengan keyword. Dengan korelasi yang baik, search engine akan semakin bersahabat dengan website Anda, dan mampu membawa ke urutan pertama di hasil pencarian search engine.
Jadi, usahakan agar selalu konsisten dengan apa yang kita tulis dalam artikel dengan seluruh korelasi keyword, judul, dan meta description dari website.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar keyword pada isi/konten dapat mudah ditemukan oleh search engine.
Sebelumnya keyword dapat dimasukkan pada meta keyword, namun belakangan beberapa search engine hanya menggunakan beberapa format text seperti headline, strong, dan italic text yang merujuk keyword dalam isi/konten.

7. Sitemap


Sitemap bisa diumpamakan sebagai sebuah peta dari seluruh isi website. Umumnya sitemap menampilkan struktur seluruh laman di website Anda yang ditampilkan secara berurutan.
Dengan sitemap, pengguna website dimudahkan dalam mencari laman yang diinginkannya, begitu pula dengan search engine.
Namun, untuk memaksimalkan search engine dalam menelusuri seluruh laman yang ada, pertimbangkan juga untuk menggunakan XML Sitemap yang dapat dikirim ke Google Webmaster Tool.

8. Natural Listing


Natural listing adalah salah satu elemen lain untuk memaksimalkan SEO dengan cara mendaftarkan ke laman directory. Tidak harus banyak, cukup mendaftarkan ke beberapa search engine yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan sering dipakai oleh pengguna internet, misalnya:

Google, daftar melalui http://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
Yahoo! dan Bing, daftarkan melalui http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url

9. Backlink


Backlink adalah link masuk yang merujuk ke website atau suatu laman website dari suatu situs web lainnya. Backlink dianggap sangat penting oleh search engine.
Semakin banyak jumlah backlink yang merujuk ke website Anda semakin tinggi indikasi tingkat popularitas website tersebut menurut search engine.
Yang perlu diingat adalah backlink dari sebuah website dengan tingkat popularitas tinggi akan dinilai puluhan kali lebih tinggi dibanding website pemula.

Riset Keywords agar artikel SEO


Cara Menentukan kata kunci yang tepat untuk judul artikel
Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel merupakan rahasia sukses sebuah website atau blog agar bisa masuk halaman pertama Google.
Cara Menempatkan kata kunci (keyword) di artikel atau di postingan sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine (Google), selain judul artikel itu sendiri, ada hal hal yang paling penting untuk diperhatikan, yaitu tatanan bahasa serta frase kata yang menunjang.

Selama ini mungkin hal ini banyak di abaikan oleh para penulis blog atau pembuat konten dalam website terutama jika Anda membuat website melalui jasa pembuat website. Yaa biasanya mereka tidak mengerti SEO, yaitu tehnik mengolah kata dari kata kunci utama. Kita tahu bahwa google sudah mendukung bahasa Indonesia sepenuhnya, dan banyak kata atau kalimat dalam bahasa kita mempunyai arti yang sama. Persamaan kata itu bisa disebut dengan istilah sinonim.

Bagaimana Menempatkan kata kunci persamaan kata

Tehnik memaksimalkan kata kunci yang akan saya bahas ini mungkin berbeda dengan tehnik SEO pada umumnya, bahkan mungkin tidak ada hubungannya dengan masalah SEO. Karena kita memanfaatkan persamaan kata yang sering dituliskan atau diketikkan orang sewaktu mencari sebuah artikel di kotak pencarian.

Saya berikan contoh seperti dibawah ini.

Menempatkan = menaruh, meletakkan, menetapkan, menerapkan.
Menghasilkan = mendapatkan, memperoleh, mencari.

Hal ini berhubungan dengan kata kunci yang sering diketikkan orang,  dalam praktek memberikan judul untuk artikel, kita pasti akan bingung memilih mana yang akan kita gunakan.

Menempatkan kata kunci pada judul artikel.
Menaruh kata kunci pada judul artikel.
Meletakkan kata kunci pada judul artikel.
Menetapkan kata kunci pada judul artikel.
Menerapkan kata kunci pada judul artikel
Untuk contoh judul artikel yang ke dua adalah

Menghasilkan uang melalui internet
Mendapatkan uang melalui internet
Memperoleh uang melalui internet
Mencari uang melalui internet

Baiklah, sekarang sudah sedikit jelas jika melihat contoh di atas. Mesin pencari google akan memberikan hasil yang lain jika kita mengetikkan kata yang berbeda, padahal kita tau bahwa semua kata tersebut mempunyai arti yang sama.
Namun jika artikel anda mempunyai semua kata tersebut, maka artikel anda berada tidak jauh dari hasil pencarian.

Tehnik ini sangat bagus diterapkan untuk blog baru, sebab kata kunci utama (short keyword) banyak dikuasai oleh blog yang sudah berumur dan populer.
Tingkat relevansi artikel juga sangat mempengaruhi, sebab mesin pencari akan mencocokkan kata kunci yang sesuai ketika seseorang mengetikkan sesuatu di kotak pencarian (search engine)

Penunjang kata kunci utama

Persamaan kata tersebut masih menunjang dalam kata kunci utama, memang tidak semua artikel menggunakan persamaan kata ini, ada istilahnya kata baku. Artinya kata tersebut menjadi kata yang tidak di sinonimkan.

Walaupun mempunyai arti sama seperti kata uang, adalah kata baku nya. Meskipun sering di istilahkan dengan kata duit, fulus, kocek dan lain sebagainya.

Hal ini lebih berpeluang untuk ditemukan di mesin pencari dari pada mengulang ulang kata kunci pada setiap paragraf kalimat. Menegaskan dan membuat jelas kalimat tersebut dengan pengulangan yang melebihi batas justru akan dianggap SPAM oleh google.
Dan jika sudah begitu artikel anda akan perlahan lahan turun dari SERP (search engine result page), karena pada dasarnya google tidak menyukai spammer.

Menentukan kata kunci penunjang pada artikel

Betul sekali, frase kata tersebut adalah kata kunci penunjang untuk kata kunci utama. Kita bisa mengaturnya pada bagian artikel pada postingan blog, agar terbaca pada mesin pencari.

Kita bisa menetapkan dan memilih kata mana yang paling tepat buat judul postingan.

Untuk hasil pencarian yang lebih maksimal, lagi – lagi kita harus berurusan dengan riset kata kunci. Tujuannya adalah mencari persaingan yang lebih sedikit dengan jumlah pencarian yang tinggi.
Buka Google Keyword Planner , pilih kata kunci mana yang jumlah persainganya sedikit.

Alternatif lain gunakan Google Search Auto Suggestion, fasilitas dari google ini memunculkan saran secara otomatis dibelakang kata kunci yang diketikkan dikotak pencarian serch engine google. Anda bisa memilih salah satunya.
Kata kunci ini dikumpulkan dan diakumulasi oleh google sebagai hasil yang paling banyak (populer) diketikkan oleh orang di hasil pencarian google.
Penempatan kata kunci penunjang pada artikel

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

menempatkan kata kunci

Saya membuat artikel dengan judul seperti diatas, dengan prioritas kata kunci manfaat fetch as google. Ketika orang lain mengetikkan Fungsi fetc as google, artikel ini masih menempati urutan yang tak jauh dari judul atau kata kunci utama. Nah ini yang disebut penunjang kata kunci utama.

Hal yang harus diperhatikan

Menempatkan kata kunci yang paling bagus adalah pada 100 kata/ kalimat pada paragraf pertama, jadi sewaktu anda menuliskan pembuka untuk posting itu lho. Untuk selanjutnya bisa diperkuat pada paragraf ke dua, ketiga dan seterusnya. Untuk pengulangan kata kunci sebaiknya paling banyak adalah 3 kali, jika artikel anda tidak ingin dianggap SPAM oleh mesin pencari seperti Google.

Menempatkan kata kunci penunjang bisa juga diterapkan untuk internal link dan sebagai anchor teks dalam sebuah kalimat. Selain bagus untuk SEO on page, tehnik ini mampu menguatkan SERP pada hasil pencarian. Kata kunci penunjang juga perlu ditempatkan pada akhiran posting, untuk menambah kekuatan dalam hasil pencarian.

Baiklah, ini hanya sebagai pengalaman saja dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengunjung bebas mengetikkan apa saja yang mereka kehendaki, walaupun kata atau kalimat itu berbeda namun mempunyai arti yang sama.


LSI Keywords


Apa itu LSI Keywords? Dalam dunia SEO kita mengenal banyak sekali istilah yang mungkin asing di telinga kita, terutama untuk para praktisi SEO pemula.
Misal jika kita sering mengunjungi situs Belajar SEO Expert seperti searchengineland & moz maka bisa dipastikan kita akan melihat istilah SEO asing seperti Link Juice, Keyword Density, Anchor Text, PA / DA, LSI dan masih banyak lagi lainnya.

Apa itu lsi keywords ?

Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula


Latent Semantic Indexing (LSI)Keywords adalah Relevensi kata kunci yang ada pada suatu keyword, mudahnya saat Anda mengetikkan kata SEO di  Google maka akan muncul LSI Keywords dibagian akhir halaman atau tepatnya berada di atas pagination halaman Google.

Pengertian, definisi dan fungsi lsi keywords


Apa sebenarnya pengertian, definisi dan fungsi dari LSI Keywords ini ? LSI Keywords akan membantu blog Anda terhindar dari penalti Google seperti Keyword Stuffing, karena dengan memanfaatkan LSI Keywords maka kita tidak perlu lagi menulis keyword yang sama secara berulang-ulang.

Cara mencari / menemukan / mendapatkan lsi keywords

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan LSI Keywords, seperti yang sudah saya singgung diatas, kita bisa menggunakan Google Search Engine atau Tool Keyword Research yang lain. Dan disini akan saya contohkan bagaimana cara mencari LSI Keywords yang baik dan benar hanya dengan Google saja.

Google LSI Keywords

Study Case saya diatas adalah dengan mengetikkan kata kunci On Page, dan bisa kita lihat ada 8 Keyword yang muncul di bagian bawah halaman Google, dan kedelapan keyword itulah yang dinamakan dengan LSI Keywords.

Cara SEO lain untuk menemukan LSI Keywords adalah menggunakan Tools SEO Generator, atau lebih sering disebut sebagai LSI Keywords Generator. Penjelasan mengenai tools apa saja yang bisa gunakan menggenerate LSI Keywords akan saya bahas lebih dalam dibawah.

Cara menggunakan lsi keywords


Secara garis besar ada dua cara yang bisa gunakan dalam menerapkan LSI Keywords, cara yang pertama adalah melalui On Page SEO dan cara yang kedua adalah dengan Off Page SEO.

Lsi keyword on-page seo


Anda bisa menerapkan pada bagian Judul Artikel
Menyisipkan pada Meta Description dan Meta Tag
Menuliskan di bagian awal, tengah dan akhir Artikel
Untuk Internal Link (interlinking)

Lsi keyword off-page seo


Menggunakannya sebagai Anchor Text saat mencari Backlink
Memperkaya relevansi content pada halaman yang memberikan Backlink
Backlink akan terlihat lebih natural

Selain untuk keperluan On-Page dan Off-Page SEO, LSI Keywords juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari ide dalam menulis artikel.

Google Keyword Planner

 
Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula
Google Keyword Planner


Goolge Keywords Planner juga merupakan salah satu Tools LSI Keywords yang cukup ampuh, karena selain menyajikan data mengenai kata kunci terkait, juga memeberikan informasi seputar jumlah pencari kata kunci tersebut, untuk yang ingin belajar menggunakan tool Keywords Planner, Anda bisa membacanay disini Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Adwords Keyword Planner.

Intinya dengan menggunakan atau memanfaatkan LSI Keywords, maka akan ada banyak sekali manfaat, diantaranya adalah seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tetapi satu hal yang menurut saya paling penting, yaitu untuk membantu kita dalam Mendatangkan Organic Traffic, karena dengan LSI Keywords, maka artikel yang kita buat akan menjadi 'kaya', kaya dalam hal keyword, jadi peluang untuk mendapatkan Taffic dari Google akan jauh lebih besar.

Sementara sampai disini dulu penjelasan saya mengenai LSI Keywords, dan mohon maaf jika ada penjelasan saya yang salah, karena niat saya disini hanyalah untuk berbagai kepada teman-teman Blogger yang ingin Belajar SEO lebih dalam.

Memahami Hukum-hukum Google


Pada dasarnya secara tersirat hukum-hukum Google sudah ada pada aturan emas secara tertulis hukum-hukum disusun untuk membuat pembatasan terhadap konten lembaga atau orang yang berhubungan dengan Google berikut hukum-hukum yang dimaksud

1. Akses terhadap informasi adalah prioritas

Kebebasan berekspresi dan mendapatkan informasi adalah hak semua orang dengan demikian kejelasan dan kebenaran informasi harus dipertahankan Oleh sebab itu Google berupaya untuk mencegah segala aktivitas baik semua lawer aktivitas yang melanggar hukum dalam kurung etika dan hukum yang berlaku pada suatu negara serta aksi-aksi pencurian identitas atau identitas

2. Algoritma dan tindakan manual diberlakukan

Dengan algoritma yang dijalankan tanpa henti maka relevansi serta kelengkapan informasi dapat dicapai dari proses pencarian triliunan halaman web namun pada kasus-kasus tertentu kontrol secara manual diberlakukan jika masih jika mesin pencari tidak memberikan solusi optimal.

3. Daftar pengacara daftar pengecualian sebagai kasus khusus

Adakalanya algoritma Google salah dalam mengidentifikasi kelayakan website misalnya algoritma search yang dirancang melindungi anak dari konten dewasa website perihal pendidikan seks bila disalah artikan sebagai konten dewasa Oleh karena itu justifikasi manual dilakukan sehingga konten demikian tidak dikategorikan sebagai konten dewasa.

4. Memangkas spam dan malware

Google akan segera menyingkirkan konten yang tidak relevan atau spam phising dan program perusak atau Malware dari daftar hasil pencarian

Lima panduan yang adil untuk Webmaster panduan diberikan untuk menjalin kerjasama menguntungkan antara Google dan b Master jadi konten dapat terindeks dengan benar dan Google mampu menyajikan informasi yang relevan jika didapati kendala Webmaster dapat membuat kenyataan supaya Google menjauh ulang keberadaan website

5. Memangkas hasil pencarian atas dasar hukum

Google dapat menghapus konten dari hasil penelusuran karena alasan hukum biasanya penghapusan dilakukan setelah Menindaklanjuti kebenaran pengaduan pihak lain terkait pelanggaran hak cipta aturan suatu negara konten ilegal atau penghinaan agama Google Tidak sembarangan menghapus hasil pencarian berbagai pertimbangan serta kelengkapan dokumen diperlukan untuk mencabut informasi dari indeks pencarian contoh pelaporan di Denmark ditanggapi Google sebagai berikut kami menerima permintaan dari penegak hukum lokal untuk menghapus 2 video YouTube karena mengkritik duta besar asing dasar hukum untuk penghapusan tidak diberikan kami tidak menghapus video tersebut.

Proses pengaduan serta pemangkasan informasi dapat pencarian pada pencarian didokumentasikan secara transparan siapa saja dapat melihat proses aduan setelah tindak lanjut Google.

6. Mencegah aksi pencurian identitas.

Google dapat menghapus Informasi pribadi dari hasil pencarian jika disinyalir berdampak pada pencurian identitas atau penipuan keuangan misalnya informasi nomor rekening bank nomor kartu kredit dan image tanda tangan.
8. Mengurangi eksploitasi anak Google akan memblokir semua pencarian yang mengarah pada pelecehan seksual dan eksploitasi anak-anak.

7. Pembatasan terhadap konten yang memberikan Efek kejut.

Konten yang menyinggung melecehkan bahkan menjijikan dalam Tara tertentu akan diminimalisir keberadaannya Dengan mempersempit modus pencarian meski pada dasarnya informasi demikian mungkin dibutuhkan pengguna lain misalnya content dokumentasi aksi anarkis berdarah yang akan memberikan rasa nyeri atau efek kejut bagi yang melihatnya

8. Kebebasan memilih informasi

Pengguna dapat mengaktifkan fitur safe search yang akan memblokir konten dewasa dari hasil pencarian.

Nah itulah panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula semoga Anda dapat memahaminya dan bisa mengaplikasikan dalam blog atau website yang akan Anda buat. Terimakasih jangan lupa jika Anda ingin belajar seo lebih lanjut silahkan kunjungi www.mahirseo.net

Sumber : Berbagai sumber di internet
Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula Reviewed by Star Tonn on 8:02 PM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.