Selain Kapan Nikah, 4 pertanyaan ini yang menjengkelkan pada saat lebaran

Star Tonn | 8:57 PM | 0 komentar

Bloggues.com4 Pertanyaan ini yang paling sering ditanyakan Saat Lebaran Selain Kapan Nikah. Lebaran menjadi moment berharga untuk silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga serta kerabat dekat. 



Banyak sekali cerita keseruan bersama keluarga, yang membuat lebaran semakin berwarna. Dari mulai makan opor bersama, bagi-bagi angpau, nyekar ke makam, hingga berkunjung ke rumah saudara yang lebih tua. Terkadang neh kalau lagi berkumpul dengan keluarga besar, banyak sekali yang bertanya, misal neh kepada yang masih single, “kapan nikah?”.

Suka bikin kesel ga seh dapat pertanyaan seperti itu? Duuh ga banget ya. Jangan salah saya yang dulu habis kuliah langsung nikah, juga pernah merasakan pertanyaan seperti itu saat lebaran. Apalagi dulu di kampung itu kalau habis lulus sekolah SMA pasti pada dinikahin. Bahkan zaman saya, ada teman yang keluar SMP langsung nikah. Tidak salah, kalau pertanyaan seperti itu sering banget saya rasakan.

Selain “kapan nikah”, ada pertanyaan lain yang sering ditanyakan, dan suka bikin ga nyaman sekali, seperti:

1. Kapan punya anak?

Nah kalau yang single sering banyak pertanyaan kapan nikah, berbeda dengan mereka yang sudah menikah. Pertanyaan yang selalu bikin bete adalah “kapan punya anak?”. Padahal ya baru menikah beberapa bulan saja, sudah ditanyakan kapan punya anak.

2. Kapan memberikan adik buat anaknya?

Nah, setelah punya anak, pertanyaan bukan berhenti, melainkan nambah lagi. Pasti pertanyaannya seperti ini, “kapan memberikan adik buat anaknya?”. Padahal setiap pasangan sudah punya program tersendiri, dan tidak mau berdekatan jaraknya.


3. Kenapa kamu jadi gemuk?

Duuh ini neh yang suka bikin geregetan kalau lagi diajak ngumpul."Kenapa kamu jadi gemuk?" menjadi pertanyaan yang ga banget. Padahal udah jelas badan gemuk, tapi tetap saja jadi pertanyaan. Biarpun hanya bercanda, setidaknya pertanyaan ga ditanyakan.

4. Kenapa belum kerja?

Selain kapan nikah, buat para single apalagi yang baru lulus sekolah atau kuliah, pertanyaan ini pasti suka jadi pertanyaan "Kenapa belum kerja?". Padahal ya yang belum kerja ini sedang berusaha mencari pekerjaan. 

Dari 4 pertanyaan di atas saat lebaran, enaknya seh tidak jadi pertanyaan di depan umum. Karena semuanya harus sudah paham, bahwa jodoh, anak dan rezeki itu sudah ada yang atur, yakni Allah SWT. Kalau sudah waktunya, seperti jodoh pasti akan ketemu. Begitupun dengan pekerjaan dan anak, kalau sudah rezeki pasti akan segera datang. Yang penting lebaran itu hindari pertanyaan seperti itu. Supaya sama-sama nyaman.

Biarpun hanya bercandaan, harusnya tidak menjadi sebuah pertanyaan yang ditanyakan di depan orang banyak. Karena bisa saja orang yang ditanya merasa malu atau tidak enak dan nyaman. Alangkah lebih baik, kalau sedang berkumpul dengan keluarga tanyakan saja kabar, dan aktivitas yang sering dilakukan. Sehingga kebersamaan dengan keluarga semakin terasa hangat.

Nah, kalian juga pernah merasakan pertanyaan seperti ini tidak? [Liswanti Pertiwi]

Category: ,

Bloggues.com
Adalah Blog yang berisi tentang Informasi Publik dan Berita Terbaru, Berita Politik, Berita Olahraga, Berita Islam, Berita Seleb, Info Kesehatan, Info peluang bisnis

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.