Heboh Foto 'Obama Kecil' Bersalaman dengan Bung Karno, Ternyata ini Fakta Sebenarnya

Bloggues.com, Jakarta - Kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barrack Husein Obama membawa euforia tersendiri bagi warga Indonesia.
Heboh Foto 'Obama Kecil' Bersalaman dengan Bung Karno

Sepekan terakhir ini suami Michelle Obama dan keluarga berkunjung ke Indonesia.
Selain berlibur di Bali dan Yogyakarta, presiden kulit hitam pertama di negara adikuasa ini juga akan menyampaikan pidato.
Obama juga dijadwalkan menghadiri Kongres Diaspora Indonesia Sedunia yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 1 hingga 4 Juli.
Selama liburan di Bali dan Yogyakarta, Obama tidak terlalu mendapat pengawalan ketat karena memang sejak awal sudah meminta agar diberi pengamanan biasa.
Meski demikian, tetap ada personel keamanan pribadi yang mendampinginya kemana pun.
Kunjungan pelesiran Obama bareng istri dan dua putrinya itu mendapat perhatian luas di Indonesia.
Maklum saja, semasa kecil Obama pernah tinggal dan bersekolah dasar di Menteng Dalam, Jakarta Selatan, setelah ibunya--Ann Dunham--menikah dengan seorang laki-laki Jawa, Lolo Soetoro.
Ayah kandung Obama sendiri adalah seorang warga Muslim-Kenya.
Bukan cuma mendapat perhatian warga Indonesia, pelesiran Obama tersebut juga bikin heboh warganet, terutama di Indonesia.
Salah satu kehebohan yang terjadi adalah beredarnya foto dua anak kecil yang tengah bersalaman dengan Presiden Pertama RI Soekarno.
Foto tersebut memicu kehebohan di dunia maya, lantaran banyak warganet yang mengatakan anak kecil di foto itu adalah Obama dan saudarinya, Maya Soetoro-Ng.
Warganet dengan akun jejaring sosial Twitter, @BonaMustar, yang turut mengunggah foto jadul tersebut.

obama-kecil
Foto diduga Obama kecil salaman dengan Bung Karno. (Twitter/@SejarahRI)

"Hidup ini Aneh & Luar Biasa. Bocah Kecil Anak SD Menteng "Obama" Jadi Presiden, Dulu waktu Kecil disalami oleh Soekarno," kicau @BonaMustar.
Dalam foto yang diunggah, terlihat Bung Karno--sapaan karib Soekarno--tengah berlutut seraya mengenakan baju safari dan kopiah yang menjadi ciri khasnya.
Bung Karno pun menyalami dua bocah, yang salah satunya mirip dengan Obama kecil yang mengenakan jas berwarna hitam dan kemeja berwarna putih.
Pun demikian warganet dengan akun @4UbgiqRw8pgUR1B yang menenggarai dua siswa tersebut adalah Obama dan Maya.
"Menurut informasi Gambar Ini Adalah 2 Siswa Amerika Yang Menyapa Akrab Presiden Soekarno dan Anak lelaki itu adalah Barrack Husein Obama, Wow," kicau @4UbgiqRw8pgUR1B.


Sayang, dua bocah difoto tersebut ternyata bukan Obama dan Maya Soetoro-Ng seperti yang diduga banyak warganet.
Dua bocah cilik dalam foto itu ternyata adalah Adi Nasution dan Ida Nasution.
Keduanya adalah anak dari Mualif Nasution, sekretaris pribadi Presiden Soekarno dan panitia penyusun buku Sarinah serta di Bawah Bendera Revolusi.
Fakta sebenarnya itu dikicaukan oleh akun @SejarahRI.
"Ini foto BK bersalaman dgn dua anak Mualif Nasution (Adi & Ida), Sekertaris Pribadi BK & Panitia Penyusun Buku Sarinah & DBR. Bkn dgn Obama," cuit akun @SejarahRI.
Namun, tak dipungkiri banyak netizen, bocah di foto tersebut memang mirip dengan Obama kecil atau yang karib disapa Barry.
"@SejarahRI @WarungsejarahRI Mirip...." kicau @pekaklonto.
Diyakini, foto tersebut diambil saat Hari Idul Fitri pada tahun 1962, sementara Obama kecil tinggal di Indonesia pada 1967. [Tribun News ]
Heboh Foto 'Obama Kecil' Bersalaman dengan Bung Karno, Ternyata ini Fakta Sebenarnya Heboh Foto 'Obama Kecil' Bersalaman dengan Bung Karno, Ternyata ini Fakta Sebenarnya Reviewed by Star Tonn on 6:04 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.