Strategi Cara Menentukan Target Pasar Untuk Jualan Online

Star Tonn | 1:34 PM | 0 komentar



Bloggues.com, Strategi cara menentukan target pasar untuk jualan online - Dalam menjalankan bisnis terutama bisnis online Hal terpenting yang perlu dilakukan terutama bagi Anda yang baru memulai Bisnis Online adalah saat menentukan target pasar. Target pasar  adalah membuat segmentasi pasar. 

Strategi Cara Menentukan Target Pasar Untuk Jualan Online
Strategi Cara Menentukan Target Pasar Untuk Jualan Online

Dalam pengertian sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pengelompokkan tertentu pelanggan potensial Anda berdasarkan kemiripan tertentu. Strategi Cara praktis menentukan target pasar adalah dengan memilih segmentasi pasar yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah praktis yang bisa Anda praktekkan dalam menentukan target pasar sebelum Anda terjun dalam bisnis online maupun bisnis offline.

Lokasi Target Pasar Anda


Tentukan lokasi target pasar Anda yang Pertama adalah tentang geografis. Tentukanlah lokasi dimana saja yang akan Anda Jangkau dalam menjalankan bisnis Anda. Ada begitu banyak cara untuk menentukan lokasi yang akan menjadi target pasar. Misalnya berdasarkan kota, kabupaten, provinsi, atau bisa juga berdasarkan radius. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum atau luas. 

Kesalahan ini biasanya terjadi pada toko online yang hanya menyebutkan “Seluruh Indonesia” sebagai target pasarnya. Pemilihan lokasi target pasar tidak sama dengan lokasi mana yang dijangkau oleh kurir pengiriman barang Anda. Jika toko online Anda memang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia, minimal buatlah prioritas lokasi yang Anda bidik. Membuat prioritas lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran produk.

Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan Anda


Setelah faktor geografi selanjutnya adalah demografi. Kelompokan pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, agama, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya. Anda tidak perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda.

Cari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan Anda


Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis atau psikografis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Kepribadian, kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor psikografis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri. Menargetkan anak-anak “alay” misalnya, itu adalah contoh segmentasi psikografis.

Contoh Target Pasar


Anda sudah mengetahui 3 cara praktis menentukan target pasar, sekarang mari kita lihat contoh penggunaanya berikut ini. Misalkan Anda memiliki bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasar Anda.


Produk yang Dijual:

Pakaian Anak-anak, dijual secara online

Target Lokasi:


Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lain yang dapat dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 3 hari.

Target Demografi Pelanggan:


Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak kecil dengan usia antara 25 – 40 Tahun. Memiliki penghasilan keluarga di atas 3 Juta per bulan.

Karakteristik Psikologis Pelanggan:


Terbiasa menggunakan komputer, email, internet, dan social media. Mengikuti trend fashion anak. Hobi membaca majalah kesehatan anak.

Sekarang cobalah untuk membuat target pasar untuk bisnis Anda. Dengan menentukannya, Anda akan lebih mudah saat menentukan strategi pemasaran dan memilih media promosi online yang tepat. Itulah artikel yang menjelaskan tentang Strategi cara menentukan target pasar untuk jualan online semoga bermanfaat untuk Anda. 

Sumber Artikel : http://blog.idkeyword.com
Diedit seperlunya oleh : Admin

Category: ,

Bloggues.com
Adalah Blog yang berisi tentang Informasi Publik dan Berita Terbaru, Berita Politik, Berita Olahraga, Berita Islam, Berita Seleb, Info Kesehatan, Info peluang bisnis

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.