Gempa dan Tsunami di New Zealand

Bloggues.com, Gempa bumi baru saja melanda negara bagian selatan, New Zealand. Pada Minggu kemarin, 13 November 2016 getaran cukup kuat menghantam Kota Christchurch.

Tsunami New Zealand

 
Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 Skala Ritcher menggetarkan kota dengan seluruh isinya. Rupanya gempa New Zealand tersebut memicu terjadinya tsunami dengan ketinggian 2,49 meter. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Badan Meteorologi New Zealand.

Berita Sebelumnya : Gempa di Selandia Baru

Setelah gempa bumi yang pertama, terjadi gempa susulan yakni dengan kekuatan 6,2 Skala Ritcher. Getaran di belahan New Zealand tersebut berpusat di sebelah timur Kaikoura. Dari lokasi Kota Christchurch ke arah utara.

Bencana alam yang melanda negeri sebelah selatan Benua Australia ini cukup membuat negara tetangga tercengang. Bahkan Perdana Menteri New Zealand, John Key langsung meninjau lokasi dan  mengunggah video tersebut.


Tsunami New Zealand

Selain John Key, beberapa pejabat Departemen Pertahanan Keamanan New Zealand juga mengunggah foto- foto udara. Dari gambar yang beredar, nampak jika gempa bumi juga mengakibatkan tanah longsor. Terlebih jalanan tertutup tanah dan sebagian mengalami kerusakan parah.

Tsunami New Zealand


Komandan Angkatan Udara Darryn Webb mengatakan jalan dari KaiKoura ke Hanmer Springs, dan jalan dari Blenheim ke Kaikoura tidak dapat dilalui. Atas kejadian tersebut pemerintan meminta agar penduduk tetap tenang. Meskipun ada kemungkinan gempa susulan.


Dahsyatnya guncangan di negara tetangga, membuat Kepala Pusat gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengeluarkan pernyataan. Dikutip dari pernyataannya ia menyampaikan “Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang berpusat di Hawaii melaporkan bahwa gempa bumi ini telah memicu tsunami lokasi di sekitar pusat gempa bumi, seperti di Kaukoura dan Wellington, serta Castlepoint.”


Dilanjutkan, tsunami tidak akan berdampak di wilayah Nusantara. Sehingga warga pesisir pantai dihimbau agar tetap tenang. Terlebih supaya tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab.

Gempa yang terjadi kemarin mengakibatkan dua orang meninggal dunia. Sedangkan bangunan dilaporkan mengalami rusak.


Sebagai informasi, Gempa bumi Canterbury di Selandia Baru ini adalah jenis gempa bumi dangkal dengan menkanisme sumber berupa sesar naik yang diduga dipengaruhi oleh aktivitas subduksi lempeng pada jalur Hikurangi Trough. Yaitu zona sebelah selatan dari sistem subduksi Kermadec Tonga.

Sumber berita : ( http://www.dailymail.co.uk ) (http://indowarta.com)

Video Tsunami di New Zealand


Gempa dan Tsunami di New Zealand Gempa dan Tsunami di New Zealand Reviewed by Star Tonn on Thursday, November 17, 2016 Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.