BMKG: Gempa di Selandia Baru Picu Tsunami Lokal, Tak Berdampak ke Indonesia

Bloggues.com, Jakarta - Gempa bumi yang mengguncang Selandia Baru menghasilkan tsunami lokal. Gempa dengan kekuatan 7,8 sampai 7,9 SR itu tidak berdampak sampai Indonesia.


BMKG: Gempa di Selandia Baru Picu Tsunami Lokal, Tak Berdampak ke Indonesia


"Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang berpusat di Hawaii melaporkan bahwa gempa bumi ini telah memicu terjadi tsunami lokal di sekitar pusat gempa bumi, seperti di Kaikoura (1,47 m), Wellington (0,43 m), dan Castlepoint (0,12 m)," ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi, dalam siaran pers kepada detikcom, Senin (14/11/2016).

Namun demikian, berdasarkan analisis BMKG, tsunami yang terjadi tidak akan berdampak di wilayah Indonesia. Untuk itu kepada warga pesisir pantai di wilayah Indonesia diimbau untuk tetap tenang.

"Dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ucapnya.

Gempa bumi Canterbury, New Zealand, yang terjadi saat ini merupakan jenis gempa bumi dangkal dengan mekanisme sumber berupa sesar naik (thrust fault) yang diduga kuat dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng pada jalur Hikurangi Trough, yaitu zona paling selatan dari sistem subduksi Kermadec-Tonga.

Akibat gempa ini, dua orang warga sementara dilaporkan meninggal dunia. Sejumlah bangunan juga mengalami kerusakan parah di beberapa wilayah Selandia Baru.
(rvk/rvk) [detik]

BMKG: Gempa di Selandia Baru Picu Tsunami Lokal, Tak Berdampak ke Indonesia BMKG: Gempa di Selandia Baru Picu Tsunami Lokal, Tak Berdampak ke Indonesia Reviewed by Star Tonn on 9:59 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.