CUMA BAYAR 500 RIBU BISA HALAMAN SATU GOOGLE, MAU ? >> WA 0852 1618 7222

Uji Coba 5G Telkomsel Tembus 1Gbps

BLOGGUES.COM | Jakarta, Telkomsel semakin dekat dengan jaringan teknologi 5G setelah menunjukkan hasil uji coba kecepatan akses data yang berhasil tembus 1 Gbps. Pencapaian ini direngkuh dengan menggandeng perusahaan telekomunikasi Huawei.


Uji Coba 5G Telkomsel Tembus 1Gbps
Uji Coba 5G Telkomsel Tembus 1Gbps


"Ini satu langkah menuju implementasi 5G di Indonesia," ujar Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi di Jakarta, Jumat (21/10).

Uji coba yang berlangsung di gerai Telkomsel di Pondok Indah itu menunjukkan kecepatan data melampaui 1 Gbps dengan menghubungkan teknologi antena 4x4 multiple-input multiple-output (MIMO), modulasi 256 QAM, dan LTE LAA.

Dibandingkan uji coba LAA yang sudah lebih dulu dilakukan dan 'hanya' menghasilkan kecepatan 300 Mbps, tiga elemen tersebut dianggap menjadi kunci kecepatan akses data Telkomsel. 


Diketahui ketiganya adalah elemen yang didukung oleh Huawei sebagai penyedia perangkat jaringan telekomunikasi.

Dengan inovasi tersebut, Deputy CEO Huawei Indonesia Sun Xiwei menganggap pengalaman konsumen dalam mengakses data akan jauh lebih kaya.

"Ini menandai awal lingkungan berkecepatan gigabyte per second (Gbps) di mana konsumen akan menikmati pengalaman mobile broadband yang lebih baik dan cepat," ucap Sun di hadapan juru warta.

Saat ini wacana penggunaan jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan. Menurut Telkomsel, penerapan teknologi tersebut masih butuh waktu.

Wakil Presiden Bidang Teknologi and Sistem Telkomsel Ivan Cahya Pernama memperkirakan jaringan 5G baru akan berjalan penuh secara komersial pada 2020 mendatang.

"Jepang dan Korea Selatan akan mengadopsi 5G duluan nantinya. Setelah itu kita mungkin baru bisa secara komersil tahun 2020," tutur Ivan.

Meski demikian, Telkomsel menyatakan kecepatan akses data 1 Gbps yang dipamerkan hari ini belum bisa digunakan masyarakat. Faktor infrastruktur menyebabkan teknologi itu baru bisa dipakai 2 tahun lagi saat Asian Games berlangsung di Indonesia.

Selain itu faktor perangkat telekomunikasi dengan minimal kategori 9 (Cat 9) pun yang ada saat ini juga belum banyak tersedia di dalam negeri. (CNN Indonesia)





Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.