Apa itu Bully dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Apa itu Bully dan Bagaimana Cara Menghindarinya - MENGAPA PEMBULLYAN HARUS DIHENTIKAN?


Apa itu Bully dan Bagaimana Cara Menghindarinya
Artikel kali ini saya akan menjelaskan bahwa Anda  harus menghentikan yang namanya pembullyan. Jika Anda adalah seorang yang suka membully status teman Anda di social media atau media Internet lainya, Baik itu di forum, chat atau di Group-group Facebook.

Apakah pembullyan itu??

Pembullyan menurut saya adalah sebuah tindak kekerasan yang dapat menghancurkan hidup seseorang karena dapat menimbulkan kurangnya rasa percaya diri pada orang lain.

MACAM-MACAM PEMBULLYAN:

1.Bullying secara verbal

 

yaitu mengejek, menertawakan dan menyindir seperti contoh yang admin berikan diatas. bullying dalam bentuk verbal adalah salah satu jenis yang paling mudah dilakukan dan bullying bentuk verbal akan menjadi awal dari perilaku bullying yang lainnya serta dapat menjadi langkah pertama menuju pada kekerasan yang lebih lanjut.

2.Bullying secara fisik

Yang termasuk dalam jenis ini ialah memukuli, menendang, menampar, mencekik, menggigit, mencakar, meludahi, dan merusak serta menghancurkan barang-barang milik anak yang tertindas. Kendati bullying jenis ini adalah yang paling tampak dan mudah untuk diidentifikasi, namun kejadian bullying secara fisik tidak sebanyak bullying dalam bentuk lain. Remaja yang secara teratur melakukan bullying dalam bentuk fisik kerap merupakan remaja yang paling bermasalah dan cenderung akan beralih pada tindakan-tindakan kriminal yang lebih lanjut.

3.Bullying secara relasional

Adalah pelemahan harga diri korban secara sistematis melalui pengabaian, pengucilan atau penghindaran. Perilaku ini dapat mencakup sikap-sikap yang tersembunyi seperti pandangan yang agresif, lirikan mata, helaan nafas, cibiran, tawa mengejek dan bahasa tubuh yang mengejek. Bullying dalam bentuk ini cenderung perilaku bullying yang paling sulit dideteksi dari luar. Bullying secara relasional mencapai puncak kekuatannya diawal masa remaja, karena saat itu tejadi perubahan fisik, mental emosional dan seksual remaja. Ini adalah saat ketika remaja mencoba untuk mengetahui diri mereka dan menyesuaikan diri dengan teman sebaya.

4.Bullying elektronik


merupakan bentuk perilaku bullying yang dilakukan pelakunya melalui sarana elektronik seperti komputer, handphone, internet, website, chatting room, e-mail, SMS dan sebagainya. Biasanya ditujukan untuk meneror korban dengan menggunakan tulisan, animasi, gambar dan rekaman video atau film yang sifatnya mengintimidasi, menyakiti atau menyudutkan. Bullying jenis ni biasanya dilakukan oleh kelompok remaja yang telah memiliki pemahaman cukup baik terhadap sarana teknologi informasi dan media elektronik lainnya.



 Nah...dari sini kita dapat melihat bahwa pembullyan sangatlah berbahaya.Banyak sekarang pembullyan terjadi di masa remaja ini.Seperti disekolah atau di lingkungan masyarakat umum.Dengan adanya pembullyan ini banyak orang yang sekarang tidak percaya diri dan dihantui oleh rasa ketakutan yang sangat mendalam.

INILAH DAMPAK BULLYING

 

 
Apa itu Bully dan Bagaimana Cara Menghindarinya

– Depresi
– Rendahnya kepercayaan diri / minder
– Pemalu dan penyendiri
– Merosotnya prestasi akademik
– Merasa terisolasi dalam pergaulan
–Terpikir atau bahkan mencoba untuk bunuh diri

APA MANFAAT BULLYING??

Apa menurut anda manfaat dari bullying?menurut saya sih bullying itu gk ada manfaatnya.Malah bullying itu hanya bisa membuat orang sengsara loh!!!jadi STOP BULLYING!!!dari sekarang.


BAGAIMANA CARA MENGHENTIKAN BULLYING?


Cara untuk menghentikan bullying adalah dari diri sendiri,dari kemuan hati nurani kita. Jika Anda memang mempunyai hati yang baik dan tulus maka berhentilah memBULLY orang!!!


Apakah anda tahu bahwa banyak orang meninggal,putus harapan,stress karena bullying? bullying memang membawa dampak buruk bagi masyarakat terutama yang masa remaja. Kebanyakan bullying terjadi di kalangan remaja. Jadi yang sudah membaca blog ini saya harap (i hope) STOP BULLYING!!!
bisa saja Anda yang membaca blog ini adalah orang yang suka membully temannya?? >_< hehehe. Jadi berhentilah membully sesama.saling lah mengasihi seperti Tuhan mengasihi kita.
Sumber : [kazorabasamuel]

Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment