Siapa Penemu Internet Pertama Kali

Siapa Penemu Internet Pertama Kali -  Siapa sih penemu internet yang pertama kalinya ? Iya mungkin pertanyaan itu yang ada dalam pemikiran hampir setiap orang yang suka online, baik yang awam maupun yang sudah terbiasa browsing (Internetan).

Siapa Penemu Internet Pertama Kali


Mungkin sebagian pengguna internet masih banyak yang belum tahu siapa penemu internet pertama kalinya, Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sejarah internet berkaitan dengan tanggal kelahiran Internet.


Sejarah Internet


Internet di ciptakan  pada tanggal 23 Agustus 1991 merupakan awal platform global yang menghubungkan manusia dengan mesin, hal ini telah diprakarsai sejak 25 tahun yang lalu dan merupakan sejarah Internet dibuka kepada publik.

Pada tanggal 23 Agustus 1991, orang mulai mengakses World Wide Web untuk pertama kalinya. Perancang dan penemu internet yang menjalankan protokol WWW adalah Sir Tim Berners Lee.

Internet atau World Wide Web, seperti yang kita tahu pada saat ini, dikembangkan pertama kalinya oleh ilmuwan komputer, Tim Berners Lee di CERN Labs di Swiss. Sir Lee menulis protokol untuk WWW pada mesin algoritma, sebuah komputer yang dikembangkan kemudian oleh CEO Apple, Steve Jobs.  

Internet dan World Wide Web adalah dua hal yang berbeda, dua hal ini sering disebut dan erat kaitannya satu sama lain. Internet sering merujuk kedalam jaringan, sedangkan World Wide Web mengacu pada kebanyakan dari informasi yang tersedia di jaringan tersebut.

Internet telah didefinisikan dan dikembangkan oleh banyak ilmuwan komputer di masa lalu, tetapi Tim Berners Lee adalah perancang fondasi dasarnya. Pada tahun 1980, Sir Lee mengembangkan konsep hyperlink, yakni metode mudah untuk menghubungkan halaman yang berbeda tetapi mempunyai isi yang sama. Berdasarkan hyperlink tersebut, Sir Lee membangun HyperText Transfer Protocol (disebut sebagai HTTP).

Baca juga : Pengguna Internet di Indonesia

Pada tahun 1990, Sir Lee akhirnya membangun HTML, URL, web browser, server dan halaman web pertama untuk membuat World Wide Web menjadi kenyataan. Halaman web pertama berdasarkan struktur ini mulai diuji coba diakses pada tanggal 6 Agustus 1991.

Halaman pertama ini hanya diakses dan diperuntukan bagi anggota CERN, lalu kemudian halaman web mulai dibuka secara umum pertama kalinya tanggal 23 Agustus 1991.  25 tahun kini usia Internet telah menjadi dasar komunikasi dan aktifitas yang tak terbatas lagi.

Internet, setelah berdiri 25 tahun terus melakukan pengembangan dan penyebaran,” Keputusan untuk membuat web sistem terbuka sangat diperlukan untuk diterapkan secara universal. Anda tidak dapat mengkontrol seuatu tapi disaat bersamaan telah membukanya di internet” tulisan dari Sir Tim Berners-Lee di websitenya.

Tim Berners Lee masih berjuang untuk membuat internet dapat diakses oleh semua orang dan merupakan salah satu tokoh indipenden dalam keilmuwannya. Hari ini, ketika Anda mengakses informasi, membaca sebuah blog atau menonton video, pria ini layak dapat semua penghargaan dan penghormatan atas jasanya.

Sumber : [ omediapc.com ]
Siapa Penemu Internet Pertama Kali Siapa Penemu Internet Pertama Kali Reviewed by Star Tonn on 6:44 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.