Risma Berhasil Benahi Trotoar, Ahok: Surabaya Itu Cuma Setara Jaksel

Jakarta - Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengakui trotoar di Surabaya lebih baik ketimbang di Jakarta, dan Ahok bersedia belajar dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Namun Ahok juga mengingatkan, Surabaya itu tidak sebesar Jakarta.



Dalam suasana jelang Pemilu Gubernur DKI 2017 ini, memang perbandingan antarkandidat bisa mengemuka. Ahok justru setuju bila pembandingan itu didasarkan pada program-program konkret semacam pembangunan trotoar atau masalah penataan kota lainnya. Pembandingan seyogyanya dilakukan terhadap objek yang setara, misalnya Surabaya dibandingkan dengan Kota Administrasi Jakarta Selatan saja, bukan Provinsi DKI Jakarta.

"Misalnya Jakarta bagaimana ini, Jakarta beda banget sama Surabaya, Surabaya trotoarnya sudah rapi, Jakarta kok belum? Nah itu yang sehat (pembandingan antarkandidat Pilgub). Kita akan jelaskan kepada masyarakat, Surabaya itu cuma Jakarta Selatan. Gitu loh," ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

(Baca juga: Tak Seperti di Jakarta, Trotoar Surabaya Bebas PKL dan Parkir Liar)

Dia melanjutkan, penanganan Jakarta berarti penanganan keseluruhan wilayah di Ibu Kota. Perkara yang diurusinya bukan hanya sebatas Jakarta Selatan saja, yang dianggap Ahok setara dengan Surabaya.

"Ini bukan cuma Jakarta Selatan loh, ini Utara, Timur, Pusat, Barat. Itu beda. Jadi komparasinya mesti bandingin," kata Ahok.

Trotoar di Pasar Minggu, Jaksel (Foto: Dony/detikcom)


Soal kondisi perkotaan, Ahok berujar pusat kota di Jakarta juga sudah apik. Untuk penataan sampai keseluruhan Jakarta, tentu butuh waktu lebih untuk merampungkannya.

"Misalnya kalau cuma Jakarta Pusat, kamu lihat di tengah kota saja bagus enggak? Ya bagus dong. Cuma sini doang kok," kata Ahok yang berkantor di Jakarta Pusat, dekat Monas ini.

Trotoar di depan RSCM, Jakarta Pusat (Foto: Dony/detikcom)


Sebagaimana diberitakan, Ahok juga pernah berkata senada soal perbandingan Jakarta dengan Surabaya. Tahun lalu, Risma pernah menyinggung soal e-Government DKI. Ahok menilai tak sepantasnya Jakarta dibandingkan dengan Surabaya.

"Jadi (Risma) jangan bandingin (Jakarta) dengan Kota Surabaya. Surabaya itu kasarnya Jakarta Pusat, Jakarta Selatan doang. Kita (Jakarta) itu ibarat Provinsi Jawa Timur tuh, kayak kita urusannya gitu loh. Kalau cuma Kota Surabaya satu mah yah sama kayak satu Kota Jakarta Pusat," kata Ahok di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Trotoar di Surabaya (Foto: Budi Sugiharto/Detikcom
Sumber : [detikcom]
Risma Berhasil Benahi Trotoar, Ahok: Surabaya Itu Cuma Setara Jaksel Risma Berhasil Benahi Trotoar, Ahok: Surabaya Itu Cuma Setara Jaksel Reviewed by Star Tonn on 6:40 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.