Penjelasan Saksi Ahli Kenapa Sianida Hanya Ditemukan di Lambung Mirna

Star Tonn | 2:31 PM | 0 komentar

Jakarta - Ahli Kedokteran Forensik RSCM Prof Budi Sampurna menjelaskan alasan sianida hanya ditemukan di dalam lambung Wayan Mirna Salihin. Menurutnya hal itu terjadi karena mayat Mirna sudah diformalin dan diperiksa beberapa hari setelah meninggal.

Penjelasan Saksi Ahli Kenapa Sianida Hanya Ditemukan di Lambung Mirna


"Ada dua hal besar yang mungkin, tadi pertama waktu (diperiksa mayatnya) sudah lama, kedua sudah ada formalin di dalam (tubuh)," kata Budi saat menjadi saksi di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Menurut Budi, formalin yang berfungsi untuk mengawetkan mayat Mirna itu masuk ke dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Ketika dilakukan pemeriksaan jaringan mungkin saja tidak ditemukan sianida di sana.

"Di kasus ini ada (jenazah) itu sudah diformalin dan ditambah waktu, ada kemungkinan (sianida) degradasi. Itu merupakan jawaban tidak ditemuakan sianida di situ (jaringan tubuh seperti hati dan empedu)," ucap Budi.

Sianida hanya ditemukan di lambung Mirna karena formalin tidak sampai ke lambung. "Formalin itu hanya sampai di luar lambung, isi lambung tidak terkena formalin, kalaupun kena hanya sedikit. Jadi mungkin masih bisa terdeteksi siandia di isi lambung," katanya.

Mirna meninggal usai minum kopi bersianida di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016. Saat itu Mirna bersama dengan temannya Hani dan Jessica sedang kumpul untuk reuni. Jessica yang datang lebih awal dan memesan minuman untuk Mirna. Jessica menjadi terdakwa dalam kasus ini.
(slh/rvk)



Sumber : [ news.detik.com] 

Category:

Bloggues.com
Adalah Blog yang berisi tentang Informasi Publik dan Berita Terbaru, Berita Politik, Berita Olahraga, Berita Islam, Berita Seleb, Info Kesehatan, Info peluang bisnis

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.