Waspada, Kartu BPJS Palsu Beredar di Kabupaten Bandung

Bandung - Sebuah rumah sakit di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menemukan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial palsu dari seorang calon pasien, Kamis lalu.


Kartu BPJS palsu itu ditemukan dari seorang warga yang hendak berobat di Rumah Sakit Cibabat, Cimahi, Kamis lalu.

Direktur Utama Rumah Sakit Cibabat Trias Nugrahadi menjelaskan, kartu BPJS palsu itu mirip dengan kartu BPJS Kesehatan asli. Namun nomor dan barcode (kode batang) pada kartu BPJS Kesehatan yang palsu tak terbaca oleh sistem sehingga proses pembayaran tak bisa dilakukan.

"Nomor dan barcode-nya tidak terbaca. Kasus ini baru pertama kali terjadi di RS Cibabat. Semoga tidak ada kasus lain," ujar Trias dikutip Kompas, Minggu (24/7/2016).

Kasus kartu BPJS palsu itu kini sedang ditelusuri oleh Kantor Cabang BPJS Cimahi.
"Kasus ini masih ditelusuri mengenai siapa yang memalsukan. Saya belum bisa menjelaskan karena baru tahu kabarnya kemarin (Sabtu)," ujar Siska Damayanti, pegawai di Kantor Cabang BPJS Cimahi. 

Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Pupu Sari Rohayati mengatakan, pihaknya akan menyelidiki kasus tersebut.
"Kami dapat info Minggu siang. Masalah pastinya masih belum jelas, baru hari Senin kami turun ke lapangan," ujar Pupu.

Berdasarkan data dari Kompas, kartu BPJS palsu ini diduga dimiliki sekitar 230 orang dari 23 RW di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Rata-rata, kartu BPJS palsu itu untuk kelas 3. Warga dipungut Rp 100.000 dan dijanjikan mendapatkan pelayanan kesehatan hingga dua tahun.

"Kami sudah mendapatkan informasi tentang praktik penipuan kartu BPJS itu, tetapi sampai saat ini belum ada korban penipuan yang melapor. Kami berharap mereka segera melapor agar bisa ditindaklanjuti," kata Kapolres Cimahi Ajun Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Humas BPJS Kesehatan Irfan Humaidi mengimbau warga agar mendaftar BPJS hanya ke kantor BPJS Kesehatan atau melalui laman www.bpjs-kesehatan.go.id. 
Besaran iuran JKN sama untuk seluruh Indonesia, Rp 25.500 untuk mendapat layanan di ruang perawatan kelas III, Rp 51.000 (kelas II), dan Rp 80.000 (kelas I).


Sumber [kompas.com]

Waspada, Kartu BPJS Palsu Beredar di Kabupaten Bandung Waspada, Kartu BPJS Palsu Beredar di Kabupaten Bandung Reviewed by Star Tonn on Monday, July 25, 2016 Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.