Renungan Tentang Kemacetan Mudik 2016

Macet pada saat mudik bukanlah satu hal yang baru itu sudah terjadi dari tahun ke tahun dari jaman kakek saya ke Jakarta pun sudah macet, Bedanya pada jaman itu tidak seramai jaman sekarang tentunya yang selalu ramai deiberitakan oleh Media.



Macet pada saat mudik sudah pasti akan terjadi dan selalu akan meningkat dari tahun - ketahun itu sudah pasti terjadi selama masih ada manusia. Iya kenapa saya bilang sudah pasti terjadi karena pertumbuhan penduduk selalu lebih besar daripada penambahan atau pelebaran jalan. Coba lihat saja sekarang pemerintah sudah membangun akses tol Cipali saja masih macet, kebayangkan gimana kalau tidak dibangunya tol Cipali pasti kemacetan akan terjadi lebih parah lagi dari sekarang.

Dalam hal ini saya tidak menyalahkan atau  membela siapa siapa tetapi mencoba menulis berdasarkan analisa cara berfikir saya pribadi dan ini murni tidak didasari kepentingan apapun apalagi kepentingan politik, hehe..maaf-maaf saja saya bukan seorang politikus.

Penyebab terjadinya kemacetan baru-baru ini salah satu penyebabnya adalah kalau menurut saya sih ya cuma orang bodoh yang berpendidikan rendahan mungkin bisa juga salah pendapat saya, Tapi InsyaAllah kalau nggak salah berarti bener, hehe..

Inilah beberapa analisa saya yang menjadi penyebab terjadinya kemacetan Mudik 2016 adalah karena tingginya minat penduduk untuk melakukan mudik. Coba kalau tidak percaya silahkan dicek berapa persen kah kenaikan jumlah penduduk yang mudik pada tahun 2016 ini.

"Diperkirakan jumlah pemudik untuk tahun 2016 ini akan meningkat. Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik lebaran tahun ini mencapai 17.698.484 orang. Naik sebesar 1,69 persen ketimbang tahun lalu sebanyak 17.404.575 orang. "

Sementara itu Badan Litbang Kemenhub memprediksi ada sekitar 30 jutaan penduduk DKI Jakarta yang melakukan mudik tahun 2016 ini. Wajar kan kalau terjadi kemacetan yang parah karena tingginya minat penduduk DKI Jakarta yang ingin mudik bisa jadi karena adanya tol baru sehingga mereka ingin mencobanya.

Memang salah satu alasan untuk mudik karena adanya satu kebudayaan yang seolah-olah sudah menjadi satu keharusan untuk melakukan mudik atau pulang kampung terutama bagi mereka yang keluarganya masih lengkap di kampung maksud saya ayah dan ibunya masih ada atau bisa juga yang ingin ketemu dengan sanak famili yang sudah lama tidak bertemu.

Itulah beberapa analaisa saya tentang kemacetan yang terjadi pada mudik tahun 2016, Selamat Mudik semoga Anda selamat sampai tujuan dan jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan serta taat pada peraturan lalu lintas, Ingat keluarga Anda menunggu dirumah. Tidak usah buru2 atau ngebut dalam berkendara tapi sebaiknya lebih berhati-hati.


Selamat Mudik..


Penulis : Wastar Wartono
Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment