Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto merespon dengan cepat permintaan penataan Sungai Ciliwung yang terintegrasi dengan program revitalisasi Lapangan Sempur yang disampaikan Ketua Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Bima melakukan diskusi langsung dengan sejumlah anggota KPC didampingi pula oleh Prof Hadi Susilo Arifin pakar landscape IPB untuk membahas terkait penataan Sungai Ciliwung di Bogor, Ahad (24/7).



Diskusi antara ketiganya berlangsung sambil menyusuri Sungai Ciliwung selama hampir tiga jam lamanya. Setiap pihak menyampaikan pemikiran dan pandangan-pandangannya terkait penataan sungai sebagai wajah depan (waterfront).

"Usulan KPC memang sudah dalam perencanaan. Saya menyetujui konsepnya menjadikan sisi Ciliwung sebagai wajah depan," katanya.
Menurut Bima, penataan Lapangan Sempur ke depannya akan diperluas ke sisi Ciliwung pada tahap berikutnya, setelah revitalisasi selesai. Bima mengakui, bahwa penataan Sungai Ciliwung belum menjadi bagian dari penataan Lapangan Sempur yang saat ini sedang dikerjakan Pemerintah Kota Bogor.

"Semua akan terintegrasi, tahapnya saja yang berbeda," janji Bima.
Ketua KPC Een Irawan Putra mengatakan, dari pertemuan dengan Wali Kota siang tadi, ia sudah mendapatkan gambaran jika Pemkot Bogor sudah memulai penataan Sungai Ciliwung dengan membangun sentra kuliner di tepian sungai dan lapangan basket. "Kami mengusulkan lapangan basket dulu baru ada sentra kuliner. Tetapi karena lapangan basket sudah menjadi aset Pemda, jadi sulit untuk dipindahkan, memerlukan proses panjang," katanya.

itu, Prof Hadi Susilo Arifin mengusulkan pembuatan semacam selasar yang seperti dermaga dilengkapi tempat duduk yang menghadap sungai. Berfungsi sebagai tempat warga berjalan-jalan menikmati sungai.
Tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Wali Kota Bogor mengundang semua pihak dan kepala dinas untuk rapat bersama. Wali Kota akan memulai penataan Sungai Ciliwung tahun depan dengan merealisasikan satu titik yang ada di bawah pohon randu.

Sebelumnya, Ketua KPC Een Irawan Putra menyampaikan secara terbuka harapannya agar penataan Lapangan Sempur dapat terintegrasi dengan penataan Sungai Ciliwung. Permintaan tersebut direspon langsung oleh Bima Arya dan mengajak sejumlah pihak untuk berdiskusi di tepian sungai Ahad siang.

Sumber : [http://nasional.republika.co.id/]
Reviewed by Star Tonn on 11:12 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.