Tahun depan Peruri bangun pabrik kertas uang

StarNajla | Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dalam waktu dekat menargetkan akan memiliki pabrik kertas uang sendiri pada tahun 2017. Direktur Utama Perum Peruri Prasetio, mengatakan pabrik tersebut dibangun karena selama ini Indonesia belum memiliki pabrik kertas uang sendiri.

Tahun depan Peruri bangun pabrik kertas uang

 
Bahan baku pembuat uang kategori bank note paper masih diimpor dari berbagai negara seperti Jerman, Perancis dan Italia. "Semoga tahun ini kami bisa melakukan penandatanganan MoU dengan mitra sehingga dapat direalisasikan pada tahun berikutnya," ujarnya di Kantor Pusat Peruri, Jakarta, kemarin. 
 
Terkait dengan mitra tersebut, dia mengatakan bahwa sampai saat ini masih dalam penjajakan dan terbuka untuk investor dalam maupun luar negeri. Pabrik kertas uang itu sendiri rencananya dibangun di lahan milik Peruri yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.
 
Prasetio belum bisa memastikan berapa investasi yang akan dikeluarkan oleh perusahaannya untuk membangun pabrik tersebut.
 
"Yang jelas, biayanya sudah masuk dalam dana pertumbuhan anorganik Peruri sebesar Rp300 miliar," katanya. Lebih lanjut dikatakan, Pabrik itu target terbesar kami ke depan. "Dalam kesempatan yang sama, Prasetio menungkapkan bahwa perusahaannya sedang dalam proses tender percetakan pita cukai dan paspor di Palestina.
 
Jika berhasil masuk ke pasar negara-negara tersebut, Peruri melengkapi usaha ekspornya yang telah dilaksanakan ke negara lain, seperti Nepal, Filipina dan Srilanka. Peruri disebut-sebut sebagai perusahaan percetakan uang terbesar keempat di dunia yang memproduksi sekitar 7 miliar bilyet uang kertas dan 1,6 miliar keping uang logam.(nat/dra)

source : [beritametro.co.id]
Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment