Survei: Sebagian Besar Pemudik Memilih Pulang Kampung Tanggal 29 Juni

Star Tonn | 3:36 PM | 0 komentar

Jakarta - Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) merilis hasil survei seputar mudik untuk warga Jakarta. Sebagian besar responden memilih mudik H-7 lebaran yakni tanggal 29 Juni 2016.

Survei: Sebagian Besar Pemudik Memilih Pulang Kampung Tanggal 29 Juni


Survei bertajuk "Ini Kata Masyarakat Jakarta Tentang Seputar Mudik Lebaran" dilaksanakan 16-23 Juni 2016 melalui wawancara telepon dan menggunakan kuesioner terstruktur. Responden adalah penduduk Jakarta berusia 25 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan. Total 400 responden yang tersebar secara proporsional dilibatkan dalam survei ini. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan margin of error +/-4,9%.

"Sebanyak 32,3 persen memilih mudik H-7 lebaran atau tanggal 29 Juni, 28,6 persen H-3, 12,5 persen H-2, 8,9 persen H-1 dan pada hari H sebanyak 6 persen. Sedangkan sebanyak 5,5 persen berencana mudik jauh hari pada H-10 dan sisanya belum memutuskan," kata Juru Bicara KedaiKopi Hendri Satrio dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (27/6/2016).

Hendiri menyarankan agar warga Jakarta mengatur rencana keberangkatan dengan baik agar tidak terjebak kemacetan panjang. Selain itu petugas diharap siap siaga melakukan rekayasa lalu lintas untuk meminimalisir kemacetan.

"Pemerintah disarankan tetap melakukan rekayasa lalu lintas termasuk pengaturan keluar masuk rest area di jalan tol," ucap Hendri.

Terkait moda transportasi yang digunakan untuk mudik, 40,4 persen responden berencana menggunakan kendaraan pribadi terdiri dari 27,9 persen mobil pribadi, 10,2 persen motor dan 2,3 persen mobil sewaan. Sisanya menggunakan moda transportasi umum yang didominasi pesawat sebanyak 19 persen, kereta eksekutif 10,4 persen, bus ekonomi 9,9 persen, kereta ekonomi 9,6 persen, bus eksekutif 7,8 persen, kapal laut 1,6 persen dan lainnya.

Selain kendaraan dan waktu mudik, survei juga melihat sektor rill soal THR yang digunakan responden. Sebanyak 54,8 persen responden akan menggunakan uang THR-nya untuk membeli keperluan hari raya. Ada 19 persen yang akan menggunakan THR untuk persiapan mudik, 13,8 persen untuk menambah tabungan, 3,5 persen membayar cicilan hutang dan 2 persen untuk perbaikan rumah. 

"Ada 4 persen dari responden yang menyatakan akan menggunakan THR untuk berbagi dengan kaum dhuafa dan sisanya untuk keperluan lainnya," papar Hendri. 
(slm/mad)

source : [news.detik.com]

Category:

Bloggues.com
Adalah Blog yang berisi tentang Informasi Publik dan Berita Terbaru, Berita Politik, Berita Olahraga, Berita Islam, Berita Seleb, Info Kesehatan, Info peluang bisnis

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.