Saat Ingin Tampil Syar'i Jangan Pilih Busana Berbahan Jersey, Kenapa?

Jakarta - Busana muslim model syar'i dewasa ini tengah menjadi tren. Tapi ternyata tidak semua yang beredar di pasaran sesuai dengan pakem syar'i, salah satunya yang terbuat dari bahan jersey. 



Semakin eksisnya busana tersebut mendapat sambutan positif dari Si.Se.Sa., label khusus busana muslim syar'i. Senaz dan Sansa, dua dari tiga desainer Si.Se.Sa., mengungkapkan, hal tersebut adalah bukti bahwa muslimah sudah mulai terbuka terhadap busana muslim syar'i. Mereka pun berharap tren ini akan terus bertahan. 

"Orang tidak melihat aneh lagi busana syar'i seperti dulu. Ini karena model busana muslim syar'i sudah banyak variasinya, jadi tidak terlihat monoton," ungkap Sansa di sela peragaan koleksi terbaru Si.Se.Sa. yang bertajuk Fleuri Ramadhan Collection di Da Vinci Tower, Jakarta, Jumat (17/6/2016). 

Namun sayangnya, lanjut Sansa, banyak busana muslim syar'i yang mereka temui keluar dari pakemnya. Pemakaian material jersey adalah salah satu penyebabnya. Menurut dia, karakter bahan jersey yang cenderung elastis dapat membuat busana terlihat ketat di tubuh. "Selain itu, ada juga bahan jersey yang terlalu tipis mungkin karena murah. Jadinya menerawang," ungkap Sansa menambahkan. 

Tapi bukan berarti bahan jersey 'haram' dipakai. Senaz mengatakan, desainer atau produsen dapat menyiasatinya dengan cara desain tertentu. "Bahan jersey boleh saja (dipakai), cuma cara mengolahnya perlu diperhatikan lagi. Mungkin dari cutting-nya agar terlihat lebih longgar. Bisa juga dibuat bertumpuk-tumpuk supaya tidak nyeplak," saran Senaz. 

Berdiri sejak 2011, Si.Se.Sa. yang dinakhodai tiga putri desainer Merry Pramono berkomitmen untuk mengangkat busana muslim syar'i yang kekinian namun tetap dalam pakem agar terus relevan dengan kebutuhan muslimah saat ini. 

Karakter busana muslim syar'i antara lain harus longgar, tidak mencolok, serta dipadukan khimar atau kerudung panjang. Agar tidak terlalu kaku, mereka biasanya mengaplikasikan detail swarovski atau bordir sebagai aksen agar busana muslim syar'i tidak terlihat kaku. Dengan teknik tertentu, hasil akhirnya tetap terlihat sederhana sesuai dengan khaidah syar'i. (dng/ays

source : [wolipop.detik.com]
Saat Ingin Tampil Syar'i Jangan Pilih Busana Berbahan Jersey, Kenapa? Saat Ingin Tampil Syar'i Jangan Pilih Busana Berbahan Jersey, Kenapa? Reviewed by Star Tonn on Sunday, June 19, 2016 Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.