Peluang bisnis rendang online

Star-Najla | Peluang bisnis rendang online - Rejeki di bulan suci Ramadan dan Idul Fitri memang selalu berlimpah. Momentum puasa ini pun banyak dimanfaatkan para pelaku usaha, termasuk Uni Ros untuk mendulang untung.
 Peluang bisnis rendang online

Uni Ros merupakan penyedia masakan khas Minang, seperti rendang yang dipasarkan melalui sistem online. Dia memulai bisnis ini sejak 2014. Uni Ros mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk puasa dan Lebaran 2016.
Pemilik Uni Ros, Fika menuturkan, Uni Ros menyediakan masakan khas minang seperti rendang daging, rendang paru, rendang dendeng, dendeng cabe merah, kentang teri balado, semua ini hanya bisa dipesan dengan online.
Uni Ros mengandalkan sosial media Facebook dan Instagram untuk pemasarannya. Menurut Fika, pemasaran melalui digital lebih efektif ketimbang dengan cara langsung.
"Persiapan kita banget, banget, banget untuk puasa ini. Karena sebenernya ini tahun kedua saya jualan rendang online di puasa dan Lebaran ini. Impact-nya besar sekali, apalagi kalau menjelang bulan puasa begini, karena kan orang memang lebih konsumtif soal makan. Selain itu orang juga lebih memilih makanan siap saji," tuturnya kepada Okezone di Jakarta.
Fika menambahkan, bicara soal permintaan, peminat rendang Uni Ros memang cukup meningkat signifikan memasuki puasa dan Lebaran. Puasa dan Lebaran tahun lalu saja, pihaknya sudah menutup Pre Order (PO) dua minggu menjelang Lebaran.
"Saya paling tidak satu hingga dua minggu sebelum Lebaran sudah tutup order karena overload. Overload biasanya kalau satu hari sampai 20 kg saja, itu sudah pusing," ujarnya.
Menjual secara PO membuat Fika lebih matang untuk menyajikan makan kepada konsumennya. Apalagi memasuki hari raya Idul Fitri, kuantitas dengan kualitas rasa tetap harus terjaga seiring dengan banyaknya jumlah pesanan.
"Kebetulan kalo di online saya jualannya tidak harian kan ya, karena kita buka PO. Kalau hari-hari biasa itu dalam seminggu saya bisa sekitar 30-40 kg. Kalau bulan puasa sampai Lebaran bisa 20 kg sendiri hanya dalam satu hari. Jadi dua kali lipatnya memang," tuturnya.
Fika membeberkan sudah memiliki costumer royal Uni Ros. Awalnya mereka hanya melihat melalui sosial media, lalu memesan melalui whatsapp.
"Baru mereka order, saya bilang oke, kita sudah buka order sampe tanggal sekian. Mereka akan kasih pembayarannya, baru saya akan close PO dan saya baru bilang tanggal sekian sampai tanggal sekian adalah distribusinya. Setelah itu saya baru lakukan pengiriman," tuturnya.
Uni Ros mematok harga Rp260.000 per kg untuk sendang daging. Sementara untuk rendang paru Rp240.000 per kg, rendang dendeng Rp240 per kg. Namun, dia juga menjual masakan dalam ukuran setengah kilogram.
(wdi)
source : economy.okezone.com
Peluang bisnis rendang online  Peluang bisnis rendang online Reviewed by Star Tonn on 8:10 PM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.