Citra Kirana Puasa Santan dan Soda

StarNajla | Ramadan punya arti lebih luas ketimbang puasa makan dan minum bagi Citra Kirana. Aktris 22 tahun kelahiran Bogor itu pantang menyentuh dua sajian kegemarannya, yaitu makanan bersantan dan minuman bersoda.

Citra Kirana Puasa Santan dan Soda



“Padahal makanan bersantan itu favorit banget, apalagi rendang,” kata Citra, seperti ditulis Koran Tempo, Sabtu, 11 Juni 2016. Ciki—sapaan akrab Citra—sangat menyukai makanan bersantan karena dapat meningkatkan selera makan. Jika sedang tak nafsu makan, sediakan saja rendang dan nasi hangat, pasti akan ludes dia lahap.

Pemeran Rumana dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini beralasan tak ingin menumpuk kolesterol dalam tubuh. Apalagi, ia menambahkan, agenda syuting sinetron yang ia jalani sepanjang Ramada kali ini sangat padat. Ia yakin mengkonsumsi makanan bersantan secara berlebihan pada bulan puasa akan mengganggu proses pencernaan. “Saya ingin tetap bugar, fit, dan sehat selama berpuasa,” katanya.

Adapun soda, “Sama sekali enggak minum,” ujar Ciki. Minuman bersoda sering dikaitkan dengan peningkatan produksi asam lambung dan dehidrasi. Beberapa jurnal penelitian bahkan mengaitkannya dengan obesitas, osteoporosis, dan gagal ginjal. Hasil studi Framingham Heart yang dilakukan peneliti dari Universitas Tufts Boston mengungkapkan perempuan yang rutin mengkonsumsi minuman bersoda tiga kali sepekan memiliki kepadatan mineral pada tulang pinggul yang lebih rendah. Penelitian University of Japan menyatakan orang yang mengkonsumsi minuman bersoda dua kali sehari berisiko mengalami gagal ginjal ketimbang yang tak memiliki kebiasaan tersebut.

source : [m.tempo.co]

Sederet fakta seperti itu semakin membulatkan tekad Ciki untuk berpuasa soda. Ciki mengatakan tidak punya trik khusus untuk menghindari minuman itu dan rendang. “Kalau sudah niat, gampang kok menahan godaannya,” katanya tersenyum.
Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment