BI Gelontorkan Uang Rp160 Triliun untuk Lebaran

Bank Indonesia (BI) akan menyiapkan uang tunai Rp160 triliun guna mengantisipasi melonjaknya permintaan uang tunai jelang perayaan Idul Fitri 1437 H.

BI Gelontorkan Uang Rp160 Triliun untuk Lebaran


“Uang tunai kami siapkan lebih tinggi dari tahun lalu. Tahun lalu, uang tunai yang keluar dari BI itu selama Ramadan sampai lebaran itu sekitar Rp124 triliun,” tutur Tirta Segara, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, di Gedung Thamrin BI, Rabu (1/6).

Tirta mengungkapkan, peningkatan suntikan uang tunai ke pasar dipicu oleh lama libur lebaran tahun ini yang lebih panjang dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, perayaan lebaran berimpitan dengan libur sekolah.

“Jadi pengeluarannya bukan hanya untuk Ramadan dan lebaran tetapi ada pengeluaran untuk liburan anak sekolah,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga akan mencairkan gaji ke-13 dan ke-14 aparatur sipil negara (ASN). Rencananya, gaji ke-14 yang merupakan tunjangan hari raya abdi negara akan cair pada bulan ini. Sementara, gaji ke-13 akan cair bulan berikutnya sebagai tunjangan pendidikan anak.

“Mudah-mudahan, pembayarannya akan dilakukan sebelum lebaran sudah selesai sehingga ada penarikan untuk itu,” ujarnya.

source : CNNIndonesia.com 
BI Gelontorkan Uang Rp160 Triliun untuk Lebaran BI Gelontorkan Uang Rp160 Triliun untuk Lebaran Reviewed by Star Tonn on 11:41 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.