Beli Tiket Bus Bakal Diwajibkan Online

Jakarta -Kementerian Perhubungan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para penumpang pengguna sarana angkutan. Di sektor angkutan darat, peningkatan pelayanan salah satunya akan dilakukan dengan kewajiban pembelian tiket secara online.

beli tiket bus online


Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Elly Adriani Sinaga dalam diskusi yang digelar di Ruang Rapat BPTJ, JL. MT Haryono 45-46, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

"Saya akan bilang ke Organda (organisasi angkutan darat) beli tiket harusonline," tegas dia dalam kesempatan tersebut.

Hal ini, kata Elly dimaksudkan untuk meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh tiket angkutan darat dalam hal ini bus kota khususnya angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

Karena dalam praktiknya, selain tidak praktis, pembelian tiket bus melalui loket juga seringkali tidak efisien dan banyak menghabiskan waktu. Lantaran, ketika jumlah calon penumpang membludak, kapasitas tampung antrean seringkali tak memadai.

"Contohnya saya melihat terminal Pulogebang keren. Sudah tersedia banyak sekali saja loketnya masih kurang ternyata," tutur dia.

Praktisnya pembelian tiket, tutur dia, bisa dilihat dari keberhasilan dalam penerapan di moda transportasi lain seperti Kereta Api dan Pesawat Udara.

"Coba kereta api, yang beli tiket di loket semakin sedikit. Di angkutan Udara. Sekarang kantor-kantor perwakilan hanya untuk komplain dan lain-lain. Itu berhasi. Lebih praktis sekarang pakai online. Sekarang tukang sayur saja sudah bisa operasikan HP yang IT-nya canggih. Jadi arahnya harus ke sana," tutur dia.

Dengan pembelian tiket secara online juga dapat mengurangi tingkat kriminalitas di terminal. 

"Jadi nggak ada seliweran calo segala. Calo itu ada sumber premannya di situ. Jadi kita panggil semua Organda untuk bicarakan ini," pungkas dia.
(hns/hns) 

Surce : detik.com
Beli Tiket Bus Bakal Diwajibkan Online Beli Tiket Bus Bakal Diwajibkan Online Reviewed by Star Tonn on 7:31 AM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.