CUMA BAYAR 500 RIBU BISA HALAMAN SATU GOOGLE, MAU ? >> WA 0852 1618 7222

Belanda Uji Coba Kereta Tanpa Masinis

Den Haag - Belanda bakal menjadi negara pertama di Eropa yang melakukan uji coba kereta api jalan sendiri alias tanpa masinis. Uji coba akan dilakukan dengan kereta barang pada kuartal akhir tahun ini.



Rencana inovatif tersebut disampaikan ProRail, perusahaan yang bertanggung jawab membangun, mengelola, merawat dan menjamin keamanan jaringan rel kereta api di Belanda, di laman situs webnya, Rabu (22/6/2016).

"Kereta api merupakan salah satu cara angkutan paling ramah lingkungan. Sebagian besar kereta api menggunakan tenaga listrik, sehingga emisi CO2-nya lebih rendah dibandingkan truk atau kapal. Untuk menjaga keunggulan ini, maka ProRail terus menerus melalukan inovasi," demikian kata pihak ProRail.

Uji coba tersebut dilakukan bekerjasama dengan DB Cargo, sebuah perusahaan Jerman. Sebelumnya DB Cargo telah melakukan negosiasi dengan ProRail pada akhir tahun lalu untuk uji coba kereta api angkutan barang tanpa masinis pada jalur Betuwe, salah satu jalur milik ProRail.

Jalur Betuwe ini dilengkapi dengan sistem pengamanan European Rail Traffic Management System/ERTMS (Sistem Manajemen Lalulintas Kereta Api Eropa) dan merupakan salah satu jalur kereta api tercanggih di Eropa, sehingga sangat cocok untuk uji coba dimaksud.

Sementara itu Jerman telah berencana untuk mengoperasikan kereta api angkutan barang maupun penumpang tanpa masinis per tahun 2020. Meskipun demikian, dalam kereta tersebut selalu ada dalam kereta tersebut untuk siaga kalau-kalau sistem komputer mengalami gangguan.

source : [news.detik.com]
Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.