Begini Asal Usul Rosulullah di beri Nama Muhammad

Mungkin sebagian umat Islam belum mengetahui, bagaimana asal usul Rasulullah diberi nama Muhammad. Diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq dan Baihaqi menjelaskan, bahwa pada saat ibunda Rasulullah, Aminah, mengandung didatangi oleh seseorang yang kemudian berkata, "Apabila anak ini telah lahir, berilah ia nama Muhammad. Karena sesungguhnya namanya di dalam Kitab Taurat dan Injil adalah Ahmad. Semoga dengan nama itu, ia dipuji oleh seluruh penduduk langit dan bumi, sedangkan namanya di dalam Alquran adalah Muhammad". (HR Ibnu Ishaq dan Baihaqi).




Asal usul rasulullah di beri nama muhammad




Mendengar hal itu, Aminah segera memberi tahu ayahnya Abdul Muthallib. Sang kakek lalu memberinya nama Muhammad saat Abdul Muthallib mengadakan aqiqah dan mengundang para pembesar Quraisy. 

"Apa nama yang engkau berikan?" tanya para pembesar Quraisy. "Aku akan memberinya nama Muhammad". Mereka semua terkejut mendengar nama yang diberikan Abdul Muhtallib.

"Mengapa engkau tidak suka menamainya dengan nama nenek moyangmu?". "Aku ingin agar dia dipuji oleh para penduduk bumi dan mendapat pujian di langit," jawab Abdul Muthallib.

Dikutip dari buku The Great Story of Muhammad, Rasulullah SAW juga memiliki nama yang lain yaitu Ahmad. Artinya tidak ada seorang pun yang memuji Tuhannya melebihi pujian yang dilakukan Rasulullah. Jadi, setiap orang yang memuji Tuhannya, maka Rasulullah lebih tinggi lagi pujiannya. Nama inilah yang terdapat di dalam Injil.

Nama Rasulullah selengkapnya ialah Muhammad bun Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Kaab bin Luai bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudridah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Maad bin Adnan.

source : [merdeka.com]
Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment