CUMA BAYAR 500 RIBU BISA HALAMAN SATU GOOGLE, MAU ? >> WA 0852 1618 7222

7 Fakta Unik Mudik Lebaran

Sebentar lagi Lebaran akan tiba, maka dari itu banyak para perantau yang sudah mempersiapkan untuk melakukan mudik. Berbicara mengenai mudik, apa sih itu mudik ? ada yang tau pengertian dari istilah mudik ini ?

7 Fakta Unik Mudik Lebaran

Mudik merupakan sebuah kegiatan para perantau/pekerja migran yang bekerja di daerah perkotaan yang akan kembali pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak family dirumah. Kata mudik ini berasal dari bahasa Jowo Ngoko yakni mulih dilik atau berati pulang sebentar.
Mudik merupakan sebuah kejadian fenomenal yang ada di negara kita tercinta ini, kebiasaan pulang menjalang Hari Raya Idul Fitri ini memang sudah menjadi budaya tahunan di negara kita. Macet, kecelakaan, rame, tiket, kereta, bus, dll, adalah sebuah hal yang identik saat musim mudik tiba.
Nah berikut ini, kita berikan beberapa fakta unik mudik lebaran pada kamu semua dan yang bakal kamu temui nantinya. Langsung aja simak ulasan dibawah ini ya !

1. Setengah Penduduk Jakarta Akan Meninggalkan Jakarta

Memang tidak bisa dipungkiri, jika kota metropolitan seperti Jakarta menjadi tujuan utama para perantau, banyak dari mereka yang mengadu nasib di ibukota tersebut, meskipun mereka tahu kerasnya hidup di Jakarta.
Saat mudik lebaran telah tiba, Jakarta akan menjadi lebih lengang daripada hari biasa, hal itu dikarenakan sekitar 50% penduduk Jakarta merupakan para pendatang, dan mereka akan melakukan mudik pada saat lebaran ke kampung halamannya.
Polda Metro Jaya mencatat, setiap musim mudik tiba jumlah warga yang meninggalkan ibukota mencapai lebih dari 500 ribu jiwa. Dari berdasarkan jumlah tersebut, sekitar 250 ribu orang menggunakan moda trasportasi udara.
Jadi Jakarta akan terbebas dari polusi dan juga macat untuk beberapa saat setiap lebaran.

2. Mudik Mengalirkan Dana Rp 90 Triliun ke Setiap Daerah

Selain menjadi sebuah peristiwa sosial budaya dan juga religi momentum, mudik lebaran ini ternayat memiliki dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Seperti yang telah diungkapkan oleh Firmanzh selaku pakar ekonomi.
Ia menjelaskan jika kegiatan mudik saat lebaran telah eberkontribusi banyak dalam menciptakan retribusi pendapatan daerah, semakin bertumbuhnya investasi daerah, serta dapat mendukung terciptanya pusat pertumbuhan ekonomi baru.

3. Angka Kematian Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran di Indonesia Meningkat

Dibalik hingar bingarnya mudik lebaran, ternyata hal ini juga ada dampak negatifnya. Angka kematian dari kecelakaan lalu lintas di jalan raya baik itu dari sepeda motor, mobil, truck, hingga bus antar kota saat mudik sangat fantastis setiap harinya.
Seperti contohnya pada tahun 2012 lalu, dimana terjadi sekitar 5.013 kasus kecelakaan yang dihimpun mulai tanggal 11 – 25 Agustus 2012. Sampai H+5 telah ada sekitar 869 korban meninggal dunia, berati jika di rinci lagi maka ada sekitar 2,5 orang yang meninggal setiap jamnya.

4. Mudik Tidak Hanya Dilakukan di Indonesia Saja

Mudik memang menjadi sebuah tradisi unik yang dilakukan oleh seluruh warga Indonesia, karena memang kegiatan ini dilakukan hanya dalamsatu tahun sekali saja. Mungkin kamu semua menganggap jika mudik ini dilakukan oleh warga Indonesia saja ya ?
Namun anggapan kamu itu ternyata salah besar, tradisi mudik yang selama ini kita anggapa hanya terjadi di Indonesia saja, ternyata juga dilakukan oleh negara lain juga lho. China juga mengendal tradisi mudik juga, mereka melakukan kegiatan ini setiap tahun pada saat Hari Raya Imlek.

5. Barang Bawaan Pemudik Paling Banyak adalah Makanan

Setiap orang yang melakukan mudik, pastinya mereka membawa barang bawaan yang cukup banyak ya, hal itu bisa dilihat dari berapa jumlah tas yang ia bawa untuk pulang ke kampung halaman. Namun taukah kamu apa isi barang bawaan mereka ?
Diketahui, jika rata-rata yang mereka bawa mudik ke kampung halaman itu adalah oleh-oleh untuk keluarga dirumah, dan yang paling banyak adalah berupa makanan yang tahan lama agar awat sampai nanti di rumah.

6. Sampah Ibukota Turun hingga 25%

Kota Jakarta saat ditinggal penghuninya yang melakukan mudik lebaran sekitar 50% jiwa ke kampung halaman nanti, menurut pihak Dinas Kebersihan DKI jakarta volume sampah Ibu Kota bakalan menurun cukup signifikan hingga 25 % nantinya.
Menurut Dinas Kebersihan DKI Jakarta, mulai dari mendekati Hari raya Idul Fitri, maka akan mengalami penurunan drastis pada volume sampah, dikarenakan banyaknya warga yang meninggalkan kota metropolitan tersebut.

7. Bus Menjadi Favorit

Saat musim mudik lebaran tiba, semua moda transportasi bakalan sibuk mengantarkan para penumpangnya, mulai dari antar kota, antar provinsi, hingga antar pulau pun bakalan penuh sesak dibanjiri manusia yang ingin pulang kampung.
Memang ada banyak moda transportasi yang digunakan oleh para pemudik untuk mengantarkan mereka sampai ke kampung halaman. Mulai jalur darat, jalur udara, hingga jalur laut, ada juga yang menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

source :[newsth.com]


Share on Google Plus

About Star Tonn

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis.