Sekarang buat E-KTP tidak harus sesuai Domisili

Jakarta - Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur menjadi pilot project pembuatan dan perpanjangan KTP elektronik (e-KTP) yang ada di Jakarta tanpa harus sesuai domisili. Selain itu, pembuatan e-KTP ini dijanjikan bisa selesai dalam waktu sehari.

Sekarang buat E-KTP tidak harus sesuai Domisili

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Timur, Abdul Haris, menjelaskan, dalam tiap kotamadya di Jakarta ada satu wilayah yang ditunjuk sebagai pilot project pembuatan e-KTP.
"Di Jakarta Timur yang ditunjuk adalah Kelurahan Jati. Ini berdasarkan penilaian wali kota pada kelurahan yang dianggap memiliki fasilitas terbaik. Saat ini yang sudah berjalan ada di Krukut, Jakarta Barat," ujar Haris saat meninjau kesiapan pembuatan e-KTP di Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (23/4).
Haris memastikan tidak ada permasalahan untuk persiapan pembuatan e-KTP ini. Rencananya pembuatan e-KTP ini akan dimulai pekan depan. Pihaknya akan segera memberi laporan ke Dinas Dukcapil DKI Jakarta untuk dilakukan setting alat paling lambat pada Senin (27/4) mendatang di kantor Kelurahan Jati.
"Nanti ada uji coba ke petugas dulu baru kita jalankan ke warga," tuturnya.
Menurutnya tidak ada kendala listrik maupun alat pendingin di kantor kelurahan. Sebab, alat cetak e-KTP ini sangat terpengaruh pada suhu ruangan.
Ia juga tidak akan mempersulit warga yang akan membuat e-KTP. Jika syarat pembuatan lengkap, e-KTP bisa langsung jadi dalam waktu sehari.
"Kalau data tidak bermasalah sebenarnya bisa langsung jadi dalam waktu sehari. Hal yang membuat lama itu mencari proses ketunggalan. Kita mesti cek iris mata, sidik jari, tanda tangan, apakah ada yang memalsukan atau sudah pernah buat KTP di tempat lain," jelas Haris.
Apabila pada proses ketunggalan ini lolos, lanjutnya, petugas bisa langsung mencetak e-KTP.
"Sehari langsung jadi kalau lolos ketunggalan, kalau tidak ya tetap harus menunggu 1-2 minggu," imbuhnya.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, tiap hari ada sekitar 15 warga yang mengurus pembuatan e-KTP di Kelurahan Jati. Haris menargetkan nantinya di tiap kelurahan yang ada di Jakarta Timur bisa membuat e-KTP jadi dalam waktu sehari.
"Sekarang baru di Kelurahan Jati yang jadi percontohan. Target kita tahun ini semua kelurahan di Jakarta Timur sudah bisa menjalankan," pungkasnya.
Priska Sari Pratiwi
Sumber : http://www.beritasatu.com/pelayanan-publik/267979-sekarang-bisa-buat-ektp-tanpa-sesuai-domisili.html
Sekarang buat E-KTP tidak harus sesuai Domisili Sekarang buat E-KTP tidak harus sesuai Domisili Reviewed by Star Tonn on Tuesday, May 03, 2016 Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.