Peluang Bisnis menjelang bulan puasa

Bulan Ramadan adalah bulan yang di mana umat muslim menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bulan Ramadan adalah bulan yang limpahi berkah, sehingga enggak heran kalau di bulan ini kita akan lebih dimudahkan dalam meraih pahala yang berlipat ganda. 
Peluang Bisnis menjelang bulan puasa
bisnis (U-Report)


Selain itu, di bulan ini ada banyak orang yang berlomba-lomba memanfaatkan kesempatan emas untuk meraih untuk dengan berbisnis.

Meskipun begitu, Anda juga perlu tahu kalau sebelum datangnya bulan Ramadan, ada juga beberapa peluang bisnis yang tidak kalah menguntungkan. Bahkan, mungkin saja bisnis yang dilakukan sebelum bulan Ramadan untungnya bisa lebih besar dan sukses apabila dibandingkan dengan bisnis di bulan Ramadan.
Namun, tetap saja ini tergantung dari doa, rezeki, usaha dan jenis usaha masing-masing orang. Berbicara mengenai jenis usaha, ada berbagai macam jenis peluang usaha yang bisa dikerjakan di saat sebelum bulan puasa. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai peluang bisnis usaha paling menguntungkan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan.
Namun, tetap saja ini tergantung dari do'a, rezeki, usaha dan jenis usaha masing-masing orang. Berbicara mengenai jenis usaha, ada berbagai macam jenis peluang usaha yang bisa dikerjakan disaat sebelum bulan puasa. Tentu saja binis ini termasuk menguntungkan dan hasilnya bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis usaha disaat bulan Ramadhan nanti. Atau juga bisa untuk membeli keperluan bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai peluang bisnis usaha palingg menguntungkan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadhan atau puasa.

1. Jualan Daging
Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, kalau sebelum datangnya bulan Ramadhan, akan ada banyak orang yang bakal membeli daging ternak sebagai santapan lezat dibulan Ramadhan. Mungkin kebiasaan ini sudah menjadi adat yang secara turun temurun selalu dilakukan dan tujuannya mungkin supaya kita lebih semangat dalam menjalani puasa terutama ketika sahur atau berbuka puasa.

Dalam menjual daging, Anda tentunya tidak dibenarkan dalam menjual daging yang haram dikonsumsi. Daging yang haram dikonsumsi pun tidak hanya sebatas pada daging babi dan anjing saja, tetapi juga hewan lain yang pernah dicirikan dalam Al-Qur'an maupun Hadis. Selain itu, daging yang dimati atau disembelih dengan tidak syar'i juga tidak boleh dikonsumsi umat Islam. Alasan kenapa Anda tidak boleh menjual daging yang haram adalah pengunjung nantinya bakal curiga sambil bertanya-tanya dan jika daging dagangan Anda terbukti haram maka pengunjung tidak mau membeli daging tersebut kepada Anda. Adapun daging yang paling laris dan menguntungkan jika didagangkan adalah daging yang berkualitas seperti daging kerbau, unta, sapi, lembu, kambing, ayam, bebek dan lainnya.

2. Bumbu-bumbuan
Meski bumbu-bumbuan berukuran kecil dan dianggap kurang menguntungkan, namun Anda jangan sepele. Pasalnya, dengan ukuran kecilnya ini, ia bahkan sangat laris manis jika dijual sebelum bulan ramadhan. Alasannya sendiri adalah orang mana mungkin memasak daging tanpa bumbu. Jika Anda seorang suami yang berniat berjualan daging, mungkin bisa memutuskan sang anak atau anggota keluarga untuk membuka bisnis usaha menjual bumbu-bumbuan disebelah. Adapun bumbu-bumbuan yang bisa dijual sangat beragam, mulai dari merica, jahe, kunyit, lengkuas, pala lada, dan yang selebihnya ibu-ibu pasti sudah tahu betul.

3. Sayuran
Sayuran mungkin berharga murah, tapi kalau menjelang datangnya bulan Ramadhan, harga bahan makanan ini bisa meroket meski tak sebesar harga daging. Menjual sayuran bisa menjadi pilihan, jika Anda hanya memiliki modal yang pas-pasan. Selain daging dan bumbu, sayur-sayuran juga menjadi hal wajib yang selalu dibeli orang kala datangnya bulan penuh berkah. Sayuran yang paling dicari adalah daun seledri (daun sop), cabai, bawang putih dan merah, daun ubi, wortel, kentang, tomat dan sebagainya.

4. Bahan Makanan
Bahan makanan juga tergolong laris manis dipasar. Hal ini tentu disebabkan karena sebelum datangnya Ramadhan orang-orang ingin bersiap-siap untuk menghidangkan makanan lezat untuk berpuasa. Ada banyak bahan makanan yang bisa Anda jual, termasuk juga sembako, seperti gula (), beras, tepung dan lainnya.

5. Kurma
Kurma tidak lain merupakan makanan manis yang wajib ada. Rasanya begitu manis dan melezatkan membuat banyak orang bakal kepikiran untuk mencari-cari makanan khas ini saat datangnya Ramadhan. Biasannya kurma disajikan saat bersantap sahur maupun berbuka. Meski begitu, bukan berarti menjual kurma saat sebelum Ramadhan, tidak akan laku. Malahan, orang justru akan tertarik membeli kurma meski belum pada waktunya. Tujuannya mungkin untuk camilan atau sebagai persiapan sehingga kedepannya tidak perlu bersusah payah membeli lagi.

6. Kolang Kaling (Manisan)
Meskipun belum datang bulan Ramadhan atau hari raya, biasanya ada juga orang-orang yang mencari-cari kolangkaling. Biasanya, mereka mencari kolangkaling yang masih alami, dengan kata lain masih belum diolah tetapi sudah dikupas. Mungkin yang membeli kolangkaling adalah mereka yang mengolahnya kembali untuk dijual. Dalam mengolahnya pun, membutuhkan waktu beberapa hari, sehingga enggak heran kalau kolangkaling selalu laku terjual walau Ramadhan belum tiba. Dan tentunya, mereka akan membelinya dalam jumlah yang tidak sedikit. Selain kolangkaling, manisan lain seperti yang terbuat dari pepaya mentah juga bisa menjadi pilihan bisnis Anda. Ada banyak bisnis terkait jualan manisan dan Anda bisa memikirkan atau mengkreasikannya sendiri.

7. Memproduksi Kue Kering dan Kue Raya lainnya
Jika bisnis sebelumnya lebih menyarankan kita untuk berdagang, namun beda halnya dengan kali ini. Ya, bisnis yang saat ini kita bahas adalah bisnis yang berkaitan dengan membuat atau memproduksi berbagai macam kue-kue mulai dari kue kering atau pun kue-kue jenis lainnya. Alasan kenapa dibuat sebelum bulan Ramadhan adalah karena waktu pengerjaan kue kering akan lebih efektif pada waktu ini, sebaliknya jika dibuat pada saat akhir-akhir Ramadhan maka akan menjadi ribet untuk memasarkannya.

8. Membuka Usaha Rumah Makan
Membuka usaha rumah makan juga bisa jadi bisnis menarik yang dapat Anda jalankan. Tetapi, sebelum itu, Anda harus memperhatikan tempat dimana lokasinya. Pastikan kalau lokasiny strategis atau sering dilalui orang. Selain itu, pastikan juga lokasinya indah, asri dan bersih serta boleh dijadikan sebagai lapak usaha. Jika tanah lapak bukan milik Anda, maka minta izinlah terlebih dahulu kepada pemiliknya.

Selain itu, pastikan kalau Anda tidak berjualan ditempat yang salah alias ilegal. Jadi, jangan sampai terjaring razia satpol pp ya. Alasan kenapa harus membuka lapaknya sebelum bulan Ramadhan adalah karena membuka lapak diperlukan waktu beberapa hari untuk mempersiapkan lokasi, bangunan, riasan dan lainnya.

Itulah beberapa peluang bisnis yang memungkinkan Anda untuk sukses mendadak sebelum datangnya bulan Ramadhan. Namun begitu, ini tetap saja sukses tidaknya bisnis tersebut tergantung dari apa yang sebelumnya telah dijelaskan. Intinya, puasa jangan sampai tinggal dan bisnis pun lancar terus.

source : log.viva.co.id

Peluang Bisnis menjelang bulan puasa Peluang Bisnis menjelang bulan puasa Reviewed by Star Tonn on 8:55 PM Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.